Membangun Brand Perguruan Tinggi Melalui Marketing Public Relations

Authors

  • Adie Kurbani

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v16i2.3412

Abstract

Memiliki dan melahirkan brand yang besar dan kuat tentu menjadi idaman semua pelaku bisnis termasuk didalamnya perguruan tinggi. Merek (brand) berfungsi mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang atau sekelompok penyaji dan membedakannya dari produk sejenis dari penyaji lain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana upaya membangun brand perguruan tinggi melalui Marketing Publik Relations. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun hasilnya adalah Marketing Publik Relations memiliki keunggulan dibanding periklanan dalam membangun merek (brand) dan telah banyak tokoh pemasaran yang menyarankan untuk membangun merek (brand) terutama merek (brand) baru dengan menggunakan MPR bukan dengan periklanan. Keunggulan MPR dibandingkan periklanan selain berbiaya lebih murah adalah lebih dapat dipercaya sehingga akan memudahkan membangun citra positif dibenak konsumen (calon mahasiswa).

 

Kata Kunci : Brand, Perguruan Tinggi, Marketing Public Relations

Downloads

Published

2019-12-13