Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Semangat Kerja Pegawai Universitas PGRI Palembang

Authors

  • Mursalin Mursalin

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v16i2.3416

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh dan membuktikan Kepemimpinan, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Semangat Kerja Pegawai Universitas PGRI Palembang secara Parsial dan Simultan. Penelitian dilakukan di Universitas PGRI Palembang dan sebagai objek penelitian adalah seluruh pegawai Universitas PGRI Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Universitas PGRI Palembang yang berjumlah 465 orang. Dari jumlah populasi tersebut diambil 30 orang untuk sampel uji coba instrumen dan 50 orang untuk uji sampel data. Dalam rangka menganalisis data penelitian dipergunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil perhitungan melalui SPSS for windows, diperoleh nilai koefisien regresi untuk constanta = 13,293,  koefisien kepemimpinan = -0,373, koefisien disiplin kerja = 0,351 dan koefisien lingkungan kerja fisik = 1,034, sehingga persamaan regresi berganda sebagai berikut: Ŷ = 13,293 - 0,373 X1 + 0,351 X2  + 1,034 X3  + e. Berdasarkan hasil uji hipotesis variabel secara simultan (uji-F) tentang pengaruh kepemimpinan (X1), disiplin kerja (X2), dan lingkungan kerja fisik (X3) dengan semangat kerja (Y) diperoleh nilai taraf signifikansi sebesar 0,000 atau signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari a = 0,05, artinya H0 ditolak, Ha diterima. Hal ini dapat diartikan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif kepemimpinan, disiplin kerja, dan lingkungan kerja fisik secara bersama-sama terhadap semangat kerja pegawai Universitas PGRI Palembang. Berdasarkan perhitungan melalui SPSS for windows dapat di interpretasikan bahwa angka R sebesar 0,670 atau 67% berarti bahwa hubungan atau tingkat asosiasi variabel bebas yaitu kepemimpinan (X1), disiplin kerja (X2), dan lingkungan kerja fisik (X3) dengan variabel terikat yaitu semangat kerja (Y) adalah kuat dan positif.

Saran yang dapat diberikan adalah pimpinan harus memberikan penghargaan kepada pegawai yang berprestasi maupun yang loyal kepada lembaga, pimpinan harus memberikan sanksi kepada pegawai yang melalaikan tugas, setiap pegawai harus mematuhi jadwal kehadiran kerja, pimpinan harus mengingatkan pegawai untuk hadir tepat waktu sesuai dengan jadwal, dan pimpinan harus meningkatkan sarana maupun prasarana yang dibutuhkan pegawai untuk mendukung pekerjaan mereka.

 

Kata kunci: Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Fisik, Disiplin Kerja, dan Semangat Kerja.

Downloads

Published

2019-12-13