PERAN INTERNAL AUDITOR DALAM PENCEGAHAN DAN PENDETEKSIAN KECURANGAN (FRAUD) PADA PERUSAHAAN

Authors

  • Mursalin .

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v11i1.3580

Abstract

Banyak kasus bangkrutnya beberapa perusahaan besar saat ini sering melibatkan auditor mereka sendiri dalam skandal akuntansi. Saat ini profesi akuntan mendapat tekanan kuat untuk meningkatkan kinerja mereka. Penipuan di perusahaan adalah tanggung jawab manajemen, tetapi auditor juga memiliki tanggung jawab untuk menemukan dan mengungkapkan dengan membuat rencana dan pekerjaan audit untuk mendapatkan keyakinan memadai bahwa laporan keuangan bebas dari salah saji material, baik yang disebabkan oleh kesalahan atau penyimpangan.

Evaluasi kondisi organisasi, struktur organisasi perusahaan dan pilihan yang dibuat diharapkan dapat membantu mengungkapkan motivasi, kesempatan, dan rasionalisasi diluar penipuan laporan keuangan. Sementara itu manajemen harus menciptakan lingkungan yang kondusif dalam perusahaan untuk menghindari terjadinya penipuan yang muncul dari motivasi dan kesempatan. Auditor internal harus meningkatkan kompetensi mereka, terutama dalam Pencegahan Kecurangan (Fraud Prevention), (2) Pendeteksian Kecurangan (Fraud Detection), dan (3) Penginvestigasian Kecurangan (Fraud Investigation).

 

Kata-kata Kunci :           fraud accounting, fraud prevention, fraud detection, whistle blowing system, forensic auditing

Downloads

Published

2014-02-15