ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI KABUPATEN OGAN ILIR

Authors

  • Rismansyah .
  • Maman Suryaman

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v11i1.3582

Abstract

Pembangunan nasional bertujuan mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur, pembangunan daerah merupakan bagian penting dari pembangunan nasional, guna memperlancar pembangunan daerah digunakan dana yang berasal dari penerimaan daerah, yakni Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari sumber ekonomi asli daerah. Salah satunya pajak daerah yang merupakan sumber penerimaan potensial, khususnya penerimaan pajak reklame. Pada penerimaan pajak reklame sering terjadi selisih antara target dan realisai penerimaan sehingga mengakibatkan penerimaan tidak efektif dan rendahnya kontribusi yang diberikan. Penerimaan tidak efektif dikarenakan kurangnya tenaga lapangan yang mengawasi pelaksanaan pajak reklame dan adanya kesulitan untuk menghubungi wajib pajak reklame yang berdomisili diluar kabupaten.Oleh karena itu maka penulis memilih judul penelitian “Analisis Kontribusi Penerimaan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Ogan Ilirâ€.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pajak reklame dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Ogan Ilir.

            Data yang diamati merupakan data realisasi penerimaan pajak daerah, khusunya penerimaan pajak reklame selama tahun 2010 hingga tahun 2012.Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, dengan perhitungan rasio efektifitas dan rasio kontribusi pajak reklame yang didasarkan pada realisasi penerimaan pajak reklame.

            Hasil pembahasan dapat diketahui bahwa penerimaan pajak reklame belum efektif sedangkan kontribusi penerimaan pajak reklame masih rendah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ogan Ilir, artinya kemampuan wajib pajak dalam membayar pajak di Kabupaten Ogan Ilir masih rendah. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis mengharapkan pemerintah daerah dapat meningkatkan kesadaran wajib pajak untuk memenuhi kewajibannya tepat waktu.

Kata kunci : Pajak reklame, Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Downloads

Published

2014-02-15