ANALISIS KONTRIBUSI PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI KABUPATEN OGAN ILIR
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v11i1.3582Abstract
Pembangunan nasional bertujuan mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur, pembangunan daerah merupakan bagian penting dari pembangunan nasional, guna memperlancar pembangunan daerah digunakan dana yang berasal dari penerimaan daerah, yakni Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari sumber ekonomi asli daerah. Salah satunya pajak daerah yang merupakan sumber penerimaan potensial, khususnya penerimaan pajak reklame. Pada penerimaan pajak reklame sering terjadi selisih antara target dan realisai penerimaan sehingga mengakibatkan penerimaan tidak efektif dan rendahnya kontribusi yang diberikan. Penerimaan tidak efektif dikarenakan kurangnya tenaga lapangan yang mengawasi pelaksanaan pajak reklame dan adanya kesulitan untuk menghubungi wajib pajak reklame yang berdomisili diluar kabupaten.Oleh karena itu maka penulis memilih judul penelitian “Analisis Kontribusi Penerimaan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Ogan Ilirâ€.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pajak reklame dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Ogan Ilir.
           Data yang diamati merupakan data realisasi penerimaan pajak daerah, khusunya penerimaan pajak reklame selama tahun 2010 hingga tahun 2012.Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, dengan perhitungan rasio efektifitas dan rasio kontribusi pajak reklame yang didasarkan pada realisasi penerimaan pajak reklame.
           Hasil pembahasan dapat diketahui bahwa penerimaan pajak reklame belum efektif sedangkan kontribusi penerimaan pajak reklame masih rendah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ogan Ilir, artinya kemampuan wajib pajak dalam membayar pajak di Kabupaten Ogan Ilir masih rendah. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis mengharapkan pemerintah daerah dapat meningkatkan kesadaran wajib pajak untuk memenuhi kewajibannya tepat waktu.
Kata kunci : Pajak reklame, Pendapatan Asli Daerah (PAD)Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.