PENGARUH PERTUMBUHAN ASET PRODUKTIF TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH SUMATERA SELATAN DAN BANGKA BELITUNG

Authors

  • Rismansyah .
  • Handrian .

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v11i2.3585

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Aset Produktif terhadap Kinerja Operasional Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan  dan Bangka Belitung.

Data yang diamati merupakan data laporan keuangan Bank Sumsel Babel selama kurun waktu persemester dari tahun 2003 – 2012. Analisis data  yang digunakan adalah Analisis Regrisi Linier Sederhana ( dengan menggunakan software SPSS versi 20 ). Dimana variabel indepennya adalah aset produktif dan variabel dependennya yaitu rasio BOPO.

Hasil pembahasan diketahui bahwa secara parsial menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara aset produktif terhadap kinerja operasional ( rasio BOPO ) pada Bank Sumsel Babel. Ini ditunjukkan dengan setiap kenaikan aset produktif akan menurunkan kinerja operasional ( Rasio BOPO ) pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. Selain itu selama kurun waktu sepuluh tahun terakhir diketahui bahwa pertumbuhan aset produktif pada Bank Sumsel Babel meningkat tujuh kali lipat. Ini  menunjukkan jika pihak manajemen Bank Sumsel Babel sudah cukup baik dalam mengelola aset produktif yang dimiliki.

Sehubungan dengan hal diatas, penulis menyarankan agar pihak manajemen Bank Sumsel Babel dapat mempertahankan kinerjanya. Bahkan jika memungkinkan lebih meningkatkan lagi pengelolaan dana terutama aset produktif agar dapat menambah pendapatan bank. Sehingga dapat menekan rasio BOPO.

 

Kata kunci : Asset Produktif, Rasio BOPO

Downloads

Published

2014-02-17