PERANAN KOPERASI SEKOLAH SEBAGAI PENGEMBANG KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN SISWA DI SMK ETHIKA PALEMBANG TAHUN AJARAN 2013–2014

Authors

  • Chandra Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v11i2.3586

Abstract

Kegiatan wirausahaan pada siswa di lingkungan sekolah dilakukan dalam wujud koperasi sekolah. Melalui koperasi sekolah, siswa dapat mengembangkan keterampilan wirausaha, seperti pembukuan, pelayanan pelanggan dan aktivitas wirausaha lainnya serta melatih rasa tanggung jawab, semangat, dan disiplin yang tinggi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Peranan Koperasi Sekolah Sebagai Pengembang Keterampilan Kewirausahaan Siswa di SMK Ethika Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan koperasi sekolah sebagai pengembang keterampilan kewirausahaan siswa di SMK Ethika Palembang.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dokumentasi dan teknik analisis data angket dengan menggunakan persentase.

            Hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata-rata hasil angket peranan indikator pengalaman dan pengetahuan didominasi oleh jawaban Ya, yaitu sebesar 79,43 persen. Dengan demikian, koperasi sekolah memberikan peranan sebesar 79,43 persen dalam meningkatkan pengetahuan dan pengalaman siswa untuk berwirausaha. Berdasarkan hasil angket variabel keterampilan berwirausaha untuk indikator semangat didominasi oleh jawaban sangat setuju, yaitu sebesar 92,44 persen, indikator sikap didominasi oleh jawaban pernyataan sangat setuju, yaitu sebesar 86,79 persen, indikator perilaku didominasi oleh jawaban pernyataan sangat setuju, yaitu sebesar 62,26 persen, dan indikator kemampuan didominasi oleh jawaban sangat setuju, yaitu sebesar 75,47 persen. Dengan demikian dapat diketahui bahwa rata-rata hasil angket variabel kemampuan berwirausaha sebesar 79,24 persen.

Saran: 1) Bagi siswa, hendaknya siswa dapat mengembangkan kemampuannya melalui praktik di koperasi sekolah. Hal ini dikarenakan koperasi sekolah dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan sikap, pengetahuan, perilaku, dan kemampuan dalam berwirausaha. Selain itu, koperasi sekolah juga dapat memberikan siswa pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha; 2) Bagi pengelola koperasi, agar koperasi sekolah dapat berjalan dengan lancar, perlu diadakan pembinaan secara terus-menerus, terpadu, dan terarah sesuai dengan perkembangan kegiatan ekonomi di masyarakat; dan 3) Bagi peneliti lanjutan, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam penelitian yang lebih luas dengan variabel dan indikator yang berbeda, sehingga didapatkan gambaran yang jelas dan nyata tentang peranan koperasi sekolah dalam mengembangkan keterampilan berwirausaha siswa.

 

Kata Kunci: peranan, koperasi sekolah, kewirausahaan

Downloads

Published

2014-02-17