Strategi Public Relation Dalam Membangun Hubungan Dengan Media Massa
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v15i2.3598Abstract
Strategi public relation dalam membangun hubungan dengan media merupakan hal yang sangat penting bagi praktisi public relations. Kesuksesan atau keberhasilannya dalam melalukan tugas public relation dalam rangka menjangkau perhatian publik, sangat ditentukan oleh pemahamannya tentang strategi membangun hubungan dengan media serta kepandaian dan taktik praktisi public relation dalam membangun hubungan dengan media. Hubungan baik dengan media massa ini dibangun dengan menggunakan komukasi yang tepat dan efektif, yaitu cara yang dilakukan demi kelancaran komukasi antara public relations dengan media massa. Hubungan baik yang dimaksud disini adalah hubungan baik dengan institusi media dan antara public relations dengan wartawan. Adapun strategi komunikasi public relation dengan media, (Soemirat dan Ardianto, 2003) adalah: By serving the media (pelayanan kepada media), By establishing a reputations for reliability (menegakkan reputasi perusahaan agar tetap dipercaya), By supplying good copy (menyediakan naskah informasi yang baik), By cooperations in providing material (kerjasama dalam menyediakan bahan informasi), By providing verification facilities (menyediakan fasilitas), By building personal relationship with the media (membangun hubungan secara personal dengan media). Model hubungan public relations dengan media massa (Darmastuti, 2012), yaitu: model hubungan antara public relations dengan institusi media dan model hubungan antara seorang public relations dengan pekerja media (wartawan).
Â
Kata Kunci : Strategi Public RelationDownloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.