PENTINGNYA KOREKSI KESALAHAN DALAM LAPORAN KEUANGAN

Jusmani .

Abstract


Ditemukannya masalah akuntansi dari transaksi dimasa lalu menimbulkan masalah yang sama. Kesalahan tersebut haruslah diperbaiki dan diberikan pengungkapan yang tepat, sehinggga para pembaca laporan keuangan dapat mengerti dengan jelas apa yang terjadi dan juga agar laporan keuangan dapat diperbandingkan maka perlu dilakukannya koreksi kesalahan-kesalahan dalam periode – periode yang lalu koreksi kesalahan tahun-tahun lalu dapat terjadi karena berbagai macam sebab, seperti kesalahan perhitungan, kesalahan penggunaan rekening, kesalahan dalam menerapkan prinsip akuntansi.dll. Koreksi adalah tindakan pembetulan akuntansi agar pos-pos yang tersaji dalam laporan keuangan entitas menjadi sesuai dengan yang seharusnya. Kesalahan dalam penyusunan laporan keuangan pada satu atau beberapa periode sebelumnya mungkin baru ditemukan pada periode berjalan.

 

Kata Kunci : Perubahan estimasi, Perubahan prinsip akuntansi, Pengakuan pengaruh kumulatif pada periode berjalan, Penyajian kembali periode-periode sebelumnya

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmwe.v10i1.3607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Media Wahana Ekonomika

p-ISSN 1693-4091 (print), e-ISSN 2622-1845 (online)

Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang

Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang 30251
e-mail: jmwahanaekonomika@univpgri-palembang.ac.id / jmwahanaekonomika@gmail.com

Jurnal Media Wahana Ekonomika by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License