HUBUNGAN PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. CAHAYA NUSANTARA PRATAMA PALEMBANG

Reina Damayanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemberian kompensasi terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Cahaya Nusantara Pratama Palembang, dan untuk mengetahui jenis kompensasi yang tepat terhadap prestasi kerja karyawan pada  PT. Cahaya Nusantara Pratama Palembang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kompensasi memiliki hubungan yang positif terhadap prestasi kerja karyawan, karena dari hasil analisis ini diperoleh r hitung = 0, 78, dimana prestasi kerja disebabkan oleh adanya pemberian kompensasi dengan nilai 60,84 % dan sisanya sebesar 39,16 % dipengaruhi oleh faktor lain seperti motivasi, kepuasan kerja, tingkat stress, kondisi fisik pekerjaan, serta keprilakuan lainnya. Sedangkan jenis kompensasi yang diinginkan karyawan pada PT. Cahaya Nusantara Pratama Palembang sebanyak 60 % menjawab hiburan seperti rekreasi, 15 % menginginkan keamanan kerja seperti asuransi kerja, 15 % lagi menginginkan upah / gaji yang memuaskan, dan yang menginginkan pelayanan kesehatan sebesar 10 %. Dari data diatas dapat dilihat frekuensi jenis kompensasi yang diinginkan karyawan kebanyakan memilih jenis kompensasi hiburan seperti rekreasi.

 

Kata kunci :  kompensasi, prestasi kerja

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmwe.v10i1.3611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Media Wahana Ekonomika

p-ISSN 1693-4091 (print), e-ISSN 2622-1845 (online)

Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang

Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang 30251
e-mail: jmwahanaekonomika@univpgri-palembang.ac.id / jmwahanaekonomika@gmail.com

Jurnal Media Wahana Ekonomika by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License