PENGARUH IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KESEJAHTERAAN HIDUP MASYARAKAT PADA DEPARTEMEN PKBL PT. PUSRI PALEMBANG

Authors

  • Rismansyah .
  • Yusrizal .

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v10i3.3622

Abstract

Adapun permasalahan yang dibahas adalah Pengaruh Implementasi Corporate Social Responbility (CSR) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat lingkungan PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang (Wilayah Ring 1). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat sekitar perusahaan wilayah ring 1 yang mengajukan proposal bantuan ke Departemen PKBL PT. Pusri Palembang. Sample dalam penelitian ini berjumlah   61 orang/responden, tetapi hanya 46 responden yang turut berpartisipasi membantu atau mengembalikan Kuesioner penulis.

Dari persamaan regresi linier sederhana Y = 24,319 + 0,725X. Nilai koefisien regresi variable Implementasi CSR (X) sebesar 0,725 artinya jika Pengaruh Implementasi CSR mengalami  kenaikan 1, maka Kesejahteraan Masyarakat (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,725.

Hasil analisis korelasi linier sederhana dapat dilihat pada output model summary dari analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan output diperoleh angka r sebesar 0,644, karena berada diantara 0,60 – 0,799, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh kuat antara Implementasi CSR dengan Kesejahteraan Masyarakat. Dan untuk uji hipotesis nilai thitung > ttabel  (5.585 > 2,13) jadi              H0 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara signifikan antara Implementasi CSR dengan Kesejahteraan Masyarakat pada Departemen PKBL PT. Pusri Palembang.

 

Kata Kunci       :           Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR), Kesejahteran Hidup Masyarakat

Downloads

Published

2013-10-18