PENERAPAN KONSEP BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PERUSAHAAN

Authors

  • M. Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v5i1.3631

Abstract

Pengukuran kinerja perusahaan yang hanya berdasarkan pada aspek keuangan mulai dirasakan tidak memadai dalam menilai kinerja suatu perusahaan. Kinerja perusahaan meliputi aspek yang sangat luas.. Dalam perspektif Balanced Scorecard, kinerja perusahaan paling tidak harus dilihat dalam empat aspek kinerja, yaitu aspek keuangan, pelanggan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Perspektif financial berorientasi kepada para pemegang saham, perspektif pelanggan berorientasi kepada usaha supplier untuk dapat bernilai bagi para pelanggan, perspektif proses bisnis internal berorientasi kepada proses bisnis apa yang sebaiknya dilakukan agar tujuan financial dan kepuasan customer baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek tercapai, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yang berkaitan dengan cara meningkatkan dan menciptakan nilai secara terus menerus terutama yang berkaitan dengan pelanggan.

 

Kata kunci : Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja

Downloads