Pengaruh semangat kerja terhadap kinerja pegawai Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang

Authors

  • Edduar Hendri SE., MM

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v7i2.372

Abstract

 

 Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh semangat kerja terhadap kinerja pegawai Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah semangat kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang?

Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai tetap Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang yang berjumlah 30 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus, yaitu mendata keseluruhan populasi yang ada. Berdasarkan sensus dilapangan, maka sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan Analisis persamaan regresi sederhana yang diperoleh adalah Y = 28,960 + 0,505X, artinya jika ada peningkatan terhadap semangat kerja (X) sebesar 100%, maka akan meningkatkan kinerja pegawai (Y) sebesar 50,5%, sebaliknya jika ada penurunan terhadap semangat kerja (X) sebesar 100%, maka akan menurunkan kinerja pegawai (Y) sebesar 50,5%. Analisis korelasi antara stres kerja (X) dengan kinerja (Y) menunjukan angka 0,539,  hal ini berarti bahwa hubungan antara semangat kerja dengan kinerja pegawai pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang Palembang adalah kuat, di mana bila semangat kerja meningkat maka kinerja pun ikut meningkat, demikian pula sebaliknya bila terjadi penurunan semangat kerja maka kinerja pun akan menurun.

Hasil uji hipotesis diperoleh (nilai t hitung sebesar 3,382 dengan probabilitas sebesar 0,002. Karena thitung > ttabel (3,382 > 2,048) atau sig t < 5 % (0, 002<0,05). Kesimpulan yang dapat diambil adalah Ho ditolak, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel semangat kerja (X2) terhadap variabel kinerja pegawai(Y).

 

Kata Kunci : Semangat kerja, kinerja pegawai

Downloads

Additional Files

Published

2015-11-12