Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kedisiplinan Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

Authors

  • Hertanudin Hertanudin
  • Yulia Pipin Sumantri

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v16i4.3729

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kedisiplinan kerja pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling. Dalam penelitian populasi di acak dan diambil sampel sebanyak 56 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana, koefisien korelasi dan koefisien determinasi dengan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan garis linear Y = 19,59 + 0,47X dan korelasi sebesar 0,495, hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara gaya kepemimpinan dan kedisiplinan kerja pegawai. Hasil penguji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 4,821 dengan taraf signifikan 1,674 tersebut lebih besar dari 0,10, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menerima Ha dan menolak Ho. Dan nilai koefisien determinasi 0,245, hasil ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan mampu menjelaskan perubahan yang terjadi pada kedisiplinan kerja pegawai sebesar 24,5%. Terdapat hubungan yang positif dan erat antara variabel gaya kepemimpinan (X) dengan variabel kedisiplinan kerja (Y) yang terlihat dari hasil korelasi sebesar 0,495. Adanya pengaruh yang signifikan antara kedua variabel yang diteliti dan besarnya pengaruh gaya kepemimpinan dalam mempengaruhi kedisiplinan kerja adalah sebesar 24,5% dan sisanya sebesar 75,5% kedisiplinan kerja dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas di dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan dan Kedisiplinan Kerja

References

Aptrena Sarah. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Disiplin Kerja. Penelitiannya dilakukan pada PT. Asuransi Umum Mega Kantor Pusat Bagian Administrasi. Skripsi (tidak di publikasikan)

Darti Astuti. 2007. Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kedisiplinan Kerja Karyawan Pada PT. Musi Hutan Persada Niru Sumatera Selatan. Skripsi (tidak di publikasikan)

Febriyanti. 2014. Peranan Kepemimpinan untuk Meningkatkan Disiplin Kerja pada Sub Bagian Operator Pada PT. Bangun Karya Pratama Lestari Tanjung Enim. Skripsi (tidak di publikasikan)

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Renika Cipta.

Fahmi, Ilham. 2012. Manajemen Kepemimpinan Teori dan Aplikasi. Bandung. Alfabeta, CV

Handoko, T Hani. 2012. Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Hasibuan, S.P Malayu, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oktariansyah, O. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Cv. Sedulur Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 9(2).

Veithzal, Rivai dan Jauvani Sagala, Ella, 2013. Manajamen Sumber Daya Manusia (Teori ke Praktek). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sedermanyanti. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sinungan, Muchdarsyah. 2001. Produktivitas Apa dan Bagaimana. Bandung. Bumi Aksara

Stoner, A.F. James. Et.al. 1996. Manajemen. Jilid II. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-01-01