Evaluasi Strategi Promosi dan Implikasinya Terhadap Penjualan Layanan Internet My Republic

Authors

  • Tri Darmawati
  • Yasir Arafat

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v16i4.3730

Abstract

My republic adalah salah satu penyedia jasa layanan internet di kota Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi promosi dan implikasinya terhadap penjualan layanan internet my republic di Kota Palembang. Metode yang digunakan analisis kuantitatif dan data yang digunakan data primer dengan melakukan observasi, wawancara, dan kuisioner serta data sekunder berupa data dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalahkonsumen yang menggunakan layanan internet my republicdi Kota Palembang khususnya pada kecamatan 9 ilir sebanyak 330 orang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 77orang, dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan koefisien korelasi dan regresilinier sederhana sehingga diperoleh hasil Y=54,244+0,713X dan nilai korelasi r =0,730 lebih besar dari rtabel  0,730>0,2242 yang berarti terdapat hubungan positif dan signifikan antara strategi promosi dengan penjualan layanan internetmy republic. Dari hasil uji t di dapat nilai  lebih besar dari 9,182>1,992 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan strategi promosi terhadap penjualan layanan internetmy republic diKota Palembang.

 

Kata Kunci : Strategi, Promosi, Penjualan, layanan internet, masyarakat

References

Haryanto, R. A. (2013). Strategi promosi, kualitas produk, kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada restoran Mcdonalds Manado. Jurnal EMBA, Vol.1 No.4 hal. 1465-1473.

Mongi, L., Mananeke, L., & Repi, A. (2013). Kualitas Produk, Strategi Promosi, dan pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, Vol.1 No. 4 Desember 2013, hal. 2336-2346.

Morissan. (2010). Periklanan. Jakarta: Kencana.

Mursid. (2006). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, Vol.2 No.2 Hal. 143-150.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2010). Business Entrepreaneur. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2015). Metode Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Swastha, B. (2001). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

Zamroni, M. (2009). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Dampaknya terhadap Kehidupan. Jurnal Dakwah Media Komunikasi dan Dakwah, Vol.10 No.2 hal.195-211.

Downloads

Published

2020-01-01