ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BELI MAHASISWA MENEMPUH KULIAH DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v9i4.4165Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh faktor kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologi terhadap perilaku mahasiswa dalam keputusan menempuh kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang yang berjumlah 963 mahasiswa yang terdiri dari Jurusan Manajemen dan Akuntansi. Dari populasi sebanyak 963 mahasiswa tersebut, penulis mengambil sampel sebanyak 91 orang, dengan teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dengan tipe simple random sampling. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah Regresi Linear berganda dengan menggunakan program SPSS 20.0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan beli mahasiswa menempuh kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang dan berdasarkan hasil analisis regresi secara parsial dapat diketahui hasil perhitungannya adalah bahwa variabel sosial, pribadi dan psikologi berpengaruh signifikan, sedangkan variable kebudayaan tidak berpengaruh atau tidak signifikan.
Dari nilai koefisien regresi dapat diketahui bahwa diantara empat variabel bebas yakni kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologi yang dominan mempengaruhi keputusan beli mahasiswa menempuh kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang adalah variabel psikologi.
Â
Kata Kunci : Kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologi, perilaku konsumen, keputusan beliDownloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.