PROPORSI STRUKTUR MODAL DAN STRUKTUR ASET DALAM MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR (LISTING) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Authors

  • Emma Lilianti

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v9i4.4170

Abstract

Penelitian ini berjudul Proporsi Struktur Modal dan Struktur Aset dalam Mempengaruhi Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar (listing) pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Terdapat dua masalah dalam penelitian ini yaitu pertama apakah Struktur Modal dan Struktur Aset secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dan apakah Struktur Modal dan Struktur Aset secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan.

            Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dari 20 perusahaan pertambangan yang terdaftar (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI), dari tahun 2007 s.d 2011. Metode yang digunakan regresi linear berganda dan melalui pengujian asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokerelasi dan uji heterokesdatisitas, serta dibantu alat analisis SPSS for Windows ver 17.0 dengan tingkat signifikan α = 0,05.

          Hasil pengujian dengan SPSS regresi linear Stepwise Method menunjukkan Struktur Modal dan Struktur Aset secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Secara parsial Struktur modal dan Struktur Aset juga memiliki pengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan.

 

Kata kunci : Struktur modal, Struktur Aset, dan  Nilai Perusahaan.

Downloads

Published

2013-01-01