ANALISIS RASIO CAMEL TERHADAP KONDISI TINGKAT KESEHATAN PADA BANK SUMSEL BABEL PERIODA 2005 – 2009

Authors

  • Panca Satria

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v9i2.4199

Abstract

Pemikiran yang paling mendasar dari penelitian ini adalah bahwa keputusan likuidasi bank dilakukan pemerintah menimbulkan dampak yang luas pada masyarakat khususnya nasabah bank. untuk menilai kesehatan suatu bank, masyarakat selama ini mengandalkan informasi dari laporan keuangan yang dipublikasikan di media massa. Sedangkan kriteria kesehatan bank saat ini diatur, diawasi dan dinilai oleh Bank Indonesia berdasarkan lima aspek yaitu permodalan, kualitas aktiva, manajemen, kemampuan laba dan likuiditas yang biasa disebut dengan CAMEL. dari latar belakang  ini  timbul suatu  pertanyaan apakah rasio-rasio keuangan dalam laporan keuangan yang diplublikasikan dapat digunakan untuk menilai kesehatan bank di masa datang sehubungan dengan adanya kesulitan keuangan dan kebangkrutan.

Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu pengumpulan data sekunder berupa laporan keuangan selama lima tahun berturut-turut prioda 2005 – 2009 dari www.bi.go.id. penelitian ini menguji rasio-rasio keuangan CAMEL yang didapat dari laporan keuangan untuk menganalisis kesehatan keuangan bank, Tehnik analisis yang digunakan adalah dengan korelasional, dan menguji erat hubungan antara variable Independet terhadap dependen  digunakan OLS (Oldinary Leaset Square) dan analisis regresi berganda.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa rasio-rasio CAMEL yang dapat mempengaruhi kesehatan adalah kualitas aktiva, rentabilitas dan likuiditas.

 

Kata kunci : Likuidasi, Camel, Rasio, Kualitas Aktiva, Rentabilitas, Likuditas.

Downloads

Published

2012-07-01