ANALISIS BAURAN PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL BEKAS PADA CV. SAPUTRA JAYA MOBILINDO PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v9i1.4205Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil bekas baik secara simultan maupuan secara parsial. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui apakah bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil bekas pada CV. Saputra Jaya Mobilindo Palembang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli mobil bekas di CV. Saputra Jaya Mobilindo Palembang berjumlah 179 orang (pembelian dari tahun 2007–2011). Besarnya sampel yang diambil mengacu pada pendapat Husein Umar (2005: 78) sampel yang lebih dari 30 (n > 30) sudah mewakili responden. Pada penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 30 orang,  pengambilan sampel dilakukan dengan menggunkan metode non probability sampling, dan diambil dengan purposive random sampling. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara bersama-sama Produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian mobil bekas pada CV. Saputra Jaya Mobilindo, (2) Secara parsial produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian mobil bekas pada CV. Saputra Jaya Mobilindo Palembang, (3) Secara parsial tempat tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian mobil bekas pada CV. Saputra Jaya Mobilindo Palembang, (4) Secara parsial promosi mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian mobil bekas pada CV. Saputra Jaya Mobilindo Palembang, (5) Variable yang paling besar pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah produk.
Â
Kata Kunci : Produk, harga, tempat, promosi dan keputusan pembelianDownloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.