SISTEM AKUNTANSI KLAIM KECELAKAAN (KENDARAAN RODA EMPAT) PADA PT. ASURANSI UMUM MEGA CABANG PALEMBANG

Authors

  • Rismansyah .

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v9i1.4208

Abstract

Sistem Akuntansi Klaim Kecelakaan (kendaraan roda empat) PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang, merupakan salah satu jenis perusahaan asuransi kerugian di Indonesia yang menawarkan produk asuransi kecelakaan (kendaraan roda empat) PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang yang berdiri sejak tanggal 7 Mei 2007, mempunyai tujuan untuk mendidik masyarakat merencanakan masa depan serta memberikan perlindungan bagi masyarakat. Pelayanan yang terbaik selalu dilakukan untuk bisa mendapatkan kepercayaan masyarakat sehingga Asuransi Mega menjadi perusahaanm asuransi yang andal dan terpercaya. Namun pada kenyataan sering terjadi kekecewaan nasabah terhadap perusahaan asuransi yang dianggap bekerja tidak professional dalam menangani klaim. Perusahaan asuransi Mega hanya dianggap memberikan janji tetapi tidak dapat mewujudkannya. Pengajuan klaim oleh pemegang polis sering di persulit oleh pihak asuransi.

Penulisan ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan sistem klaim kecelakaan (kendaraan roda empat) dan menganalisis keefektifitasanya. Lokasi penelitian ini dilakukan di PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang, yang berlokasi di Jl.R.Sukamto No.28G Palembang. Objek kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana Sistem Akuntansi Klaim Kecelakaan (kendaraan roda empat) pada PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang. Metode pengumpulan data pada tugas akhir ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Akuntansi Klaim kecelakaan (kendaraan roda empat) PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang, dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan serta cukup memadai. Sistem yang diterapkan pun sudah efektif. Hal ini dapat dilihat dari fungsi-fungsi yang terkait telah bekerja sesuai dengan tugasnya. Prosedur yang diterapkan sudah cukup baik hanya saja proses penyelesaian klaim nya masih memakan waktu yang sedikit lambat. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa pada Sistem Akuntansi klaim Kecelakaan (kendaraan roda empat) pada PT Asuransi Umum Mega Cabang Palembang, dokumen yang digunakan pada pengeluaran kas secara tunai dan cek tidak dilakukan secara terpisah. Fungsi pemegang dana kas kecil harus terpisah dari fungsi kas serta membentuk fungsi pemeriksa intern yang berfungsi menjaga kekayaan perusahaan dan menjamin serta keandalan akuntansi.

 

Kata Kunci : Sistem Akuntansi Klaim Kecelakaan (Kendaran Roda Empat)

Downloads

Published

2012-04-01