MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • Erfan Robyardi

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v8i4.4252

Abstract

Menurut Alma (2005:21) Banyak faktor psikologis yang membentuk sikap negatif masyarakat sehingga mereka kurang berminat terhadap profesi wirausaha antara lain sifat agresif, ekspansif, bersaing, egois, tidak jujur, kikir, sumber penghasilan tidak stabil, kurang terhormat, pekerjaan rendah dan sebagainya. Pandangan semacam ini dianut oleh sebagian besar penduduk, sehingga mereka tidak tertarik. Mereka tidak menginginkan anak - anaknya menerjuni bidang ini, dan berusaha mengalihkan perhatian anak untuk menjadi pegawai negeri, apalagi bila anaknya sudah bertitel lulusan perguruan tinggi. Mereka berucap. "untuk apa sekolah tinggi, jika hanya mau jadi pedagang. Pandangan seperti ini sudah berkesan jauh di lubuk hati sebagian besar rakyat kita, mulai sejak zaman penjajahan Belanda sampai beberapa dekade masa kemerdekaan.

Menurut Schumpeter  Entreprenuer as the person who destroys the existing economic order by introducing new products and services, by creating new forms of organization, or by exploiting new row materials. (Bygrave, 1994: l). Jadi ia mengatakan wirausaha adalah orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru.

Setelah mendapatkan data dari responden yang telah mengisi kuisioner dengan jumlah pertanyaan sebanyak 25 buah dan jumlah sample yang diambil  sebanyak l0 % dari jumlah populasi yang ada sebanyak 850 orang, jadi sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 85 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang

Data yang telah didapatkan setelah dilakukan, maka didapatkan hasil penilaian terhadap responden, dan dapat dilihat pada Tabel 3. hasil penilaian kuiesioner.dari hasil tersebut dapat digolongkan berdasarkan persentase responden yang tergolong ke dalam kategori sangat kuat, kuat, sedang, lemah dan lemah sekali. Umumnya mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang memiliki minat yang kuat untuk berwirausaha.

 

Kata Kunci : Minat, Wirausaha

Downloads

Published

2012-01-01