PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v8i3.4257Abstract
Dalam penelitian ini sebagai variabel independent adalah penggunaan media gambar (X1) dan motivasi belajar (X2) sedangkan variable dependennya adalah prestasi belajar (X3), Untuk mengetahui nilai koefisien jalur untuk variabel tertentu signifikan atau tidak analisis dapat melihat nilai Sig. pada nilai t. Jika nilai Sig. t < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan, Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada bab sebelumnya. Maka dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut. Variabel media pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang. (Tidak terbukti, X1 tidak signifikan berpengaruh terhadap Y), Variabel media pembelajaran terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang. (Terbukti, X1 berpengaruh signifikan terhadap X2), Variabel motivasi belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang.(Terbukti, X2 berpengaruh signifikan terhadap Y), Variabel media pembelajaran terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang. (Terbukti, secara bersama-sama X1 dan X2 berpengaruh terhadap Y), Variabel motivasi merupakan variabel interviening antara variabel media gambar dengan prestasi belajar (Terbukti). Efek langsung dari media gambar terhadap prestasi belajar (-0.09) lebih kecil daripada efek tidak langsung melalui variabel motivasi (0.312), maka terbukti bahwa motivasi belajar merupakan variabel intervening, dengan demikian mahasiswa yang melalui proses belajar mengajar melalui media gambar, menimbulkan motivasi, dan kemudian menimbulkan prestasi belajar.
Â
Kata kunci : Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi MahasiswaDownloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.