PENGARUH CUSTOMER CARE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA RAMAYANA SUPERMARKET CABANG PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v8i3.4262Abstract
Dewasa ini pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia mengalami peningkatan yang pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya toko eceran atau retail store yang didirikan khususnya di Palembang seperti Carrefour, Ramayana, Hypermart, Makro, Superindo, Alfamart, Indomaret dan lain-lain. Banyaknya toko eceran yang berdiri tidak lepas dari tuntutan masyarakat luas akan kebutuhan barang dan jasa. Perusahaan-perusahaan ritel tersebut tidak hanya menawarkan kebutuhan barang saja, tetapi juga menawarkan tempat berbelanja yang nyaman.
Menghadapi persaingan ini, perusahaan dituntut untuk dapat mempertahankan pasar. Salah satu usaha pemasaran yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi persaingan antar bisnis ritel tersebut adalah dengan memberikan pelayanan yang baik. Adanya perubahan motif seseorang untuk berbelanja, dimana kegiatan berbelanja bukan hanya sebagai kegiatan fungsional untuk membeli barang-barang saja, tetapi juga sebagai kegiatan mengisi waktu untuk jalan-jalan. Sehingga ketika memasuki sebuah toko konsumen tidak hanya akan memberikan penilaian terhadap produk yang ditawarkan, tetapi juga akan memberikan penilaian tentang Customer Care yang dilaksanakan oleh pengecer. Customer Care berarti memberikan perhatian pada pelanggan dengan memelihara dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menambah pelanggan yang baru dengan cara memberikan barang yang bermutu dan hubungan yang berlanjut serta berkesinambungan antara penjual dan pelanggan.
Â
Kata kunci : Customer Care, loyalitas, konsumen, supermarket
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.