PENGARUH CUSTOMER CARE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA RAMAYANA SUPERMARKET CABANG PALEMBANG

Authors

  • Ahmad Rosjidi Azhar

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v8i3.4262

Abstract

Dewasa ini pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia mengalami peningkatan yang pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya toko eceran atau retail store yang didirikan khususnya di Palembang seperti Carrefour, Ramayana, Hypermart, Makro, Superindo, Alfamart, Indomaret dan lain-lain. Banyaknya toko eceran yang berdiri tidak lepas dari tuntutan masyarakat luas akan kebutuhan barang dan jasa. Perusahaan-perusahaan  ritel tersebut tidak hanya menawarkan kebutuhan barang saja, tetapi juga menawarkan tempat berbelanja yang nyaman.

Menghadapi persaingan ini, perusahaan dituntut untuk dapat mempertahankan pasar. Salah satu usaha pemasaran yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam menghadapi persaingan antar bisnis ritel tersebut adalah dengan memberikan pelayanan yang baik. Adanya perubahan motif seseorang untuk berbelanja, dimana kegiatan berbelanja bukan hanya sebagai kegiatan fungsional untuk membeli barang-barang saja, tetapi juga sebagai kegiatan mengisi waktu untuk jalan-jalan. Sehingga ketika memasuki sebuah toko konsumen tidak hanya akan memberikan penilaian terhadap produk yang ditawarkan, tetapi juga akan memberikan penilaian tentang Customer Care yang dilaksanakan oleh pengecer. Customer Care berarti memberikan perhatian pada pelanggan dengan memelihara dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menambah pelanggan yang baru dengan cara memberikan barang yang bermutu dan hubungan yang berlanjut serta berkesinambungan antara penjual dan pelanggan.

 

Kata kunci : Customer Care, loyalitas, konsumen, supermarket

Downloads

Published

2011-10-01