PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN MEUBEL PADA PD. JATI KARYA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v8i2.4264Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan meubel pada PD. Jati Karya Palembang tahun 2000 s.d 2009, Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data skunder berupa laporan penjualan dan laporan biaya promosi.
Hasil pengujian untuk variabel perubahan perilaku individu diperoleh koefisien dengan nilai B = 63.288 dan nilai t-hitung = 15.494, p-value = 0.000, karena 0.000 < 0.05 atau 5%, maka H0 ditolak. Ha diterima. Artinya, dengan tingkat kesalahan sebesar 5% dapat dinyatakan bahwa biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Berdasarkan nilai tersebut diperoleh persamaan regresi variabel perubahan perilaku individu terhadap kinerja pegawai sebagai berikut : Y = 63.288 + 15.494 X + e.
Anova (Analysis of Varian) untuk pengujian diperoleh nilai F sebesar 240.067 dengan p-value = 0.000. Karena p-value 0.000 < 0.05 atau 5%, maka H0 ditolak. Ha diterima Artinya, dengan tingkat kesalahaan sebesar 5% dapat dinyatakan bahwa biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan
Menunjukkan rangkuman model regresi/koefisien determinasi yang dibentuk berdasarkan model summary diperoleh nilai R = 0.984. Artinya, ada pengaruh antara variabel biaya promosi terhadap volume penjualan sebesar 98.4%. Nilai koefesien determinasi atau R² ( R Square) = 0.968, menunjukkan bahwa besarnya kontribusi pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan sebesar 96.8% atau 97%, sedangkan sisanya 3.0% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini di pengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini misalnya, kondisi dan kemampuan penjual, kondisi pasar, modal, dan kondisi organisasi perusahaan dan pesaing. Dari analisis koefisien korelasi dengan nilai r = 0,984 yang berarti bahwa secara bersamaan pengaruh biaya promosi yang dikeluarkan oleh PD. Jati Karya Furniture Palembang terhadap volume penjualan positif atau dengan kata lain promosi yang akan diikuti oleh kenaikan volume penjualan, karena mendekati nilai ( 1 ) artinya biaya promosi terhadap volume penjualan cukup kuat.
Â
Kata Kunci : Biaya Promosi dan Meningkatkan Volume Penjualan
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.