EFEKTIFITAS ADMINISTRASI PERPAJAKAN, KEPATUHAN WAJIB PAJAK DAN KEMAMPUAN MANAJEMEN PEMERINTAHAN TERHADAP PENERIMAAN DAERAH SEKTOR PAJAK HOTEL DAN RESTORAN (Studi Pada Dispenda Kabupaten Kota di Provinsi Sumatera Selatan)

Authors

  • Irlan Fery

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v8i2.4266

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi pengaruh efektivitas administrasi perpajakan, kepatuhan wajib pajak, dan kemampuan manajemen pemerintahan terhadap penerimaan daerah khususnya pada sektor pajak hotel dan restoran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif (descriptive) yang merupakan survey terhadap 30 kecamatan dari 121 kecamatan yang ada pada 8 kabupaten kota di wilayah provinsi Sumatera Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey menggunakan instrumen kuisioner serta dilengkapi dengan wawancara yang dilaksanakan mulai bulan April 2009 sampai dengan Juni 2009. analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ; efektivitas administrasi perpajakan pada  8 kabupaten kota di provinsi Sumatera Selatan sudah tergolong efektif, kepatuhan wajib pajak tergolong cukup patuh dan kemampuan manajemen pemerintahan pada daerah yang diteliti tergolong sudak baik. Sedangkan penerimaan daerah dari sektor pajak hotel dan restoran di sebagian kabupaten kota belum begitu optimal. Ketiga variabel penelitian secara bersama-sama maupun secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap penerimaan daerah pada sektor pajak hotel dan restoran di provinsi Sumatera Selatan. Kesimpulan statistik ini dianalisis lebih lanjut dengan memberikan solusi yang aplikatif.

 

Kata kunci    ;    Efektivitas Administrasi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak, Kemampuan    Manajemen Pemerintahan, dan Penerimaan Daerah pada sektor Pajak Hotel dan Restoran.

Downloads

Published

2011-07-01