Determinan Keputusan Pembelian Pelanggan Berdasarkan Kepercayaan dan Kemudahan Melalui Aplikasi Shopee

Authors

  • Ahmad Harun
  • Ninin Non Ayu Salmah

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i2.4318

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui determinan keputusan pembelian pelanggan berdasarkan kepercayaan dan kemudahan melalui aplikasi Shopee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang yang pernah menggunakan dan berbelanja melalui aplikasi  Shopee. Sampel penelitian adalah Mahasiswa  Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang yang pernah menggunakan dan berbelanja melalui aplikasi  Shopee minimal 3 kali yaitu sebanyak 89 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah sampel sensus. Jumlah responden adalah 89 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka dan analisis data bersifat statistik inferensial.  Data yang  digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan kuisioner. Jawaban responden terhadap pertanyaan dalam media kuesioner diukur dengan skala Likert. Teknik analisis data adalah regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji hipotesis dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian adalah 1)secara simultan, kepercayaan dan kemudahan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang melalui aplikasi Shopee 2)secara parsial kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang melalui aplikasi Shopee dan 3)secara parsial kemudahan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang melalui aplikasi Shopee.

 

Kata kunci : Kepercayaan, Kemudahan, Keputusan Pembelia


                                                 ABSTRACT


The purpose of this study was to determine the determinants of customer purchasing decisions based on trust and convenience through the Shopee application in the Faculty of Economics, University of PGRI Palembang Students. The study population was students of the Faculty of Economics, PGRI Palembang University who had used and shopped through the Shopee application. The research sample is the Faculty of Economics, Palembang PGRI University students who have used and shop through the Shopee application at least 3 times, as many as 89 students. The sampling technique is census sampling. The number of respondents was 89 people. The method used in this study is a quantitative method because the research data in the form of numbers and data analysis are inferential statistics. The data used are primary data. Data collection techniques are observation, interview and questionnaire. Respondents' answers to questions in the questionnaire media are measured by a Likert scale. Data analysis techniques are multiple linear regression, coefficient of determination, hypothesis testing with the F test and t test. The results of the study are 1) simultaneous, trust and convenience have a significant effect on the online purchasing decisions of the Faculty of Economics Students of the University of PGRI Palembang through the Shopee application 2) partially trust has a significant effect on the online purchasing decisions of the Faculty of Economics Students of the University of PGRI Palembang through the Shopee application and 3) partial ease significantly influence online purchasing decisions of the Faculty of Economics, PGRI Palembang University through the Shopee application.

Keywords: Trust, Ease, Supervisory Decision


References

Ayuningtyas, Kartika dan Hendra Gunawan. 2018. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration vol 2 no 1 hal 152-165

Hartono, Jogiyanto. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Yogyakarta:BPFE.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lestari, Indah Tri. 2019. Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap keputusan Belanja Online (Studi Pada Pengguna Tokopedia). Jurnal Ilmu Manajemen vol 7 no 2 hal 478-484.

Prabowo Erry Setyo dan Eko Wiratno. 2019. Analisis Kepercayaan dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan Juripol vol 2 no 1 hal 81-92..

Prathama, Frenky dan Wilma Laura Sahetapy. 2019. Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi dan Kepercayaan Konsumen Terhadap MInat Beli Ulang Konsumen e-Commerce Lazada. Jurnal Agora vol. 7 no. 1.

Setiadi, Nugroho. 2010. Perilaku Konsumen:Persektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Kenginan Konsumen. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Swastha, Basu. 2007. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty Offset, Yogyakarta

Sugara, Anang dan Rizki Yudhi Dewantara. 2017. Analisis Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Penggunaan Sistem Transaksi Jual Beli Online (Studi pada Konsumen “Zâ€) vol 52 no 1 hal 8-15.

Turban, E. David King. Jae Lee. Ting-Peng and Decorah C. 2010. Electronic Commerce. Managerial Perspective Global. New Jersey:Pearson.

Downloads

Published

2020-07-01