Manfaat Akuntansi Pertanggungjawaban Dalam Pengendalian Biaya Administrasi dan Umum

Authors

  • Jusmani Jusmani
  • Mursalin Mursalin

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i1.4335

Abstract

ABSTRAK

 

Informasi akuntansi pertanggungjawaban merupakan informasi yang penting dalam proses perencanaan dan pengendalian aktivitas organisasi, karena informasi tersebut menekankan hubungan antara informasi dengan manajer yang bertanggung jawab terhadap perencanaan anggaran dan realisasinya. Pengendalian dapat dilakukan dengan cara memberikam peran bagi setiap manajer untuk merencanakan pendapatan /biaya yang menjadi tanggungjawabnya, dan kemudian menyajikan informasi realisasi pendapatan /biaya tersebut. Dalam proses penyusunan anggaran, setiap manajer diberi peran untuk mencapai sasaran perusahaan dan untuk memungkinkan konsumsi berbagai sumber daya yang harus diukur dalam satuan uang. Informasi akuntansi yang dihubungkan dengan manajer yang memiliki peran digunakan untuk mengukur kinerja setiap manajer. Salah satunya adalah pertanggungjawaban biaya administrasi dan umum.

 

Kata kunci: Akuntansi Pertanggungjawaban, Biaya Admistrasi dan Umum, Anggaran.

 

 

ABSTRACT

 

Accountability accounting information is important information in the planning process and control of organizational activities, because it emphasizes the relationship between information and managers who are responsible for budget planning and its realization. Control can be done by giving a role for each manager to plan the income / expense for which he is responsible, and then to present information on the realization of the income / expense. In the budget preparation process, each manager is given a role to achieve the company's goals and to allow the consumption of various resources which must be measured in money units. Accounting information that is linked to managers who have a role is used to measure the performance of each manager. One of them is the accountability of administrative and general costs.

 

Keywords: Responsibility Accounting, Administration and General Costs, Budget.

References

Halim, Abdul & Supomo, Bambang, 1995, Akuntansi manajemen, BPFE, Yogyakarta.

Mulyadi, 2001, Akuntansi Manajemen 2: Konsep, Manfaat dan Rekayasa, STIE YKPN, Yogyakarta.

Munawir, 2002, Akuntansi keuangan dan Manajemen, BPFE, Yogyakarta.

Ray H, Garrison, 1997, Akuntansi Manajemen Konsep Untuk Perencanaan, Pengendalian dan Pengambilan keputusan, ITB, Bandung.

Usry, Milton & Matz, Adolph, 1990, Akuntansi Biaya: Perencanaan dan Pengendalian, Erlangga, Jakarta.

Witjaksono, Armanto, 2006, Akuntansi Biaya, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-04-01