Pengaruh Biaya Promosi dan Harga Jual Terhadap Volume Penjualan Motor Yamaha Mio Soul Pada PT. Thamrin Brathers Lahat

Authors

  • Indra Hartini

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5095

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhBiaya Promosi dan Harga Jual Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Sepeda Motor Mio Soul Pada PT Thamrin Brathers Lahat. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Asosiatif / Kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah data dari PT Thamrin Brathers Lahat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah biaya promosi, harga jual dan kegiatan  penjualan selama 5 (lima) tahun terakhir yaitu dari tahun 2015 s/d tahun 2019. Hasil penelitian pada uji t, pengaruh variabel biaya promositerhadap volume penjualan menunjukkan ada pengaruh yang signifikan, pada variabel harga jual terhadap volume penjualan tidak ada pengaruh yang signifikan. Sedangkan uji secara simultan diperoleh nilai taraf signifikan F = 0,038. Sehingga Fhitung =  25,051>Ftabel= 5,41 menunjukkan bahwa variabel biaya promosi dan harga jual, keduanya berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan pada PT Thamrin Brathers Lahat, dengan taraf signifikan

 

Kata Kunci : Biaya Promosi, Harga Jual dan Volume Penjualan

 

 

ABSTRACT

 

This study aims to determine how much the influence of promotion costs and selling prices in increasing the sales volume of Mio Soul motorbikes at PT Thamrin Brathers Lahat. The research design used in this research is associative / quantitative research. The population in this study is a number of data from PT Thamrin Brathers Lahat. The sample used in this research is promotional costs, selling prices and sales activities for the last 5 (five) years, from 2015 to 2019. The results of the research on the t test, the influence of the variable promotional costs on sales volume shows that there is a significant effect. , there is no significant effect on the variable selling price on sales volume. While the test simultaneously obtained a significant level of F = 0.038. So that Fcount = 25.051> Ftable = 5.41 shows that the variable promotion costs and selling price, both of which have a significant effect on sales volume at PT Thamrin Brathers Lahat, with a significant level

 

Keywords: Promotion Costs, Selling Prices and Sales Volume

References

Abdullah. 2011. Peranan Biaya Promosi Dalam Meningkatkan Volume penjualan (Studi Kasus Pada Salah Satu Perusahaan Pembiayaan di Palembang). Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius). Vol. 1 No. 2 Mei 2011.

Basu Swastha, dan Irawan. 2009. Manajemen Pemasaran Moder (Edisi II, Get. VHI). Yogyakarta: Liberty Gitosudarmo. 2008. Manajemen Pemasaran. edisi kedua, cetakan keenam, Yogyakarta: BPFE.

Budidharmo. 2010. Volume Penjualan Suatu Produk. Penerbit: PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Fatya. 2010. Peningkatan harga Jual. Yogyakarta: Andi

Mulyadi, 2010. Faktor-faktor yang mempengaruhi Permintaan dan Penawaran. Jakarta: Grasindo

Oktariansyah, 2016. Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Volume Penjualan Besi Pada Pt. Inti Logam Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol.13 No.2 Juli, 2016, Hal: 68-82.

Sudarsono. 2013. Manajemen Pemasaran. Cetakan Ke V. Erlangga, Jakarta.

Downloads

Published

2020-12-31