Pengaruh Biaya Promosi dan Harga Jual Terhadap Volume Penjualan Motor Yamaha Mio Soul Pada PT. Thamrin Brathers Lahat
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5095Abstract
ABSTRAK
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhBiaya Promosi dan Harga Jual Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Sepeda Motor Mio Soul Pada PT Thamrin Brathers Lahat. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Asosiatif / Kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah data dari PT Thamrin Brathers Lahat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah biaya promosi, harga jual dan kegiatan penjualan selama 5 (lima) tahun terakhir yaitu dari tahun 2015 s/d tahun 2019. Hasil penelitian pada uji t, pengaruh variabel biaya promositerhadap volume penjualan menunjukkan ada pengaruh yang signifikan, pada variabel harga jual terhadap volume penjualan tidak ada pengaruh yang signifikan. Sedangkan uji secara simultan diperoleh nilai taraf signifikan F = 0,038. Sehingga Fhitung = 25,051>Ftabel= 5,41 menunjukkan bahwa variabel biaya promosi dan harga jual, keduanya berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan pada PT Thamrin Brathers Lahat, dengan taraf signifikan
Â
Kata Kunci : Biaya Promosi, Harga Jual dan Volume Penjualan
Â
Â
ABSTRACT
Â
This study aims to determine how much the influence of promotion costs and selling prices in increasing the sales volume of Mio Soul motorbikes at PT Thamrin Brathers Lahat. The research design used in this research is associative / quantitative research. The population in this study is a number of data from PT Thamrin Brathers Lahat. The sample used in this research is promotional costs, selling prices and sales activities for the last 5 (five) years, from 2015 to 2019. The results of the research on the t test, the influence of the variable promotional costs on sales volume shows that there is a significant effect. , there is no significant effect on the variable selling price on sales volume. While the test simultaneously obtained a significant level of F = 0.038. So that Fcount = 25.051> Ftable = 5.41 shows that the variable promotion costs and selling price, both of which have a significant effect on sales volume at PT Thamrin Brathers Lahat, with a significant level
Â
Keywords: Promotion Costs, Selling Prices and Sales VolumeReferences
Abdullah. 2011. Peranan Biaya Promosi Dalam Meningkatkan Volume penjualan (Studi Kasus Pada Salah Satu Perusahaan Pembiayaan di Palembang). Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius). Vol. 1 No. 2 Mei 2011.
Basu Swastha, dan Irawan. 2009. Manajemen Pemasaran Moder (Edisi II, Get. VHI). Yogyakarta: Liberty Gitosudarmo. 2008. Manajemen Pemasaran. edisi kedua, cetakan keenam, Yogyakarta: BPFE.
Budidharmo. 2010. Volume Penjualan Suatu Produk. Penerbit: PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Fatya. 2010. Peningkatan harga Jual. Yogyakarta: Andi
Mulyadi, 2010. Faktor-faktor yang mempengaruhi Permintaan dan Penawaran. Jakarta: Grasindo
Oktariansyah, 2016. Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Volume Penjualan Besi Pada Pt. Inti Logam Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol.13 No.2 Juli, 2016, Hal: 68-82.
Sudarsono. 2013. Manajemen Pemasaran. Cetakan Ke V. Erlangga, Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.