Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096Abstract
ABSTRAK
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Bukit Serelo Lahat.Jumlah sampel yg digunakan dalam penelitian adalah 46 orang pelanggan Hotel Serelo Lahat.Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan analisa kuantitatif.Hasil pengujian statistik dapat diambil kesimpulan Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan negatif terhadap Kepuasan Konsumen. Hasil uji anova variabel independent yang meliputi Kepercayaan (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Dari hasil uji parsial bahwa diketahui nilai koefesien regresi variabel Kualitas Pelayanan (X2) adalah sebesar -0,588 berpengaruh negatif terhadap Kepuasan Pelanggan(Y), Dari hasil keseluruhan menujukan bahwa Kepercayan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, dan Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, daat juga dilihat bahwa Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap Kepuasan Konsumen.
Â
Kata Kunci : Kepercaayaan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.
Â
Â
ABSTRACT
Â
This study aims to determine the effect of trust and quality on customer satisfaction at Hotel Bukit Serelo Lahat. The number of samples used in the study were 46 customers at Hotel Serelo Lahat. The analysis methods used in this study are qualitative and quantitative analysis. The results of statistical testing can be taken. Conclusion Trust and Service Quality have a positive and negative influence on Customer Satisfaction. The independent variable ANOVA test results which include Trust (X1) and Service Quality (X2) simultaneously have a positive and significant effect on Customer Satisfaction. From the partial test results, it is known that the regression coefficient value of the Service Quality variable (X2) is -0.588 has a negative effect on Customer Satisfaction (Y). It can also be seen that Trust and Service Quality simultaneously have a significant effect on Consumer Satisfaction.
Keywords: Trust, Service Quality, Customer Satisfaction.References
Arikunto. 2013. Prosudur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineke cipta
Kotler, Phillip. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. PT. IndeksKelompok Gramedia. Jakarta
Kotler, Phillip. 2012, manajemen pemasaran, Erlangga, Jakarta
Kotler, Philip and Gary amstrong 2010 ,prinsip – prinsip pemasaran ,Universitas Diponegoro.
Oktariansyah, Damayanti, R, Usman, B & Eko Putra, A. 2017. Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Transmusi) Melalui Kinerja Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kota Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol.15 (1), 2017, Hal: 49-61.
Sugiyono. 2011. Statika untuk penelitian, Penerbit Alpabeta, Bandung
Swasta, Basu 2011. manajemen pemasaran.PT BPE, Yogyakarta.
Tjiptono, Candra, 2011. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogjakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.