Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Loyalitas Pelanggan Minimarket OMI Koperasi Universitas PGRI Palembang

Authors

  • Ilhamsyah Ilhamsyah
  • Agus Mulyani
  • Oktariansyah Oktariansyah

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v18i1.5589

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor pelayanan (X1), barang yang ditawarkan (X2), suasana (X3) dan harga (X4) yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Y) serta faktor yang paling dominan terhadap loyalitas pelanggan sebagai variabel terikat. Populasi dihitung melalui rata-rata jumlah pelanggan setiap bulannya yaitu 1.244 sedangkan sampel menggunakan Metode Accidental Sampel sebanyak 97, teknik pengumpulan data adalah kuesioner dan wawancara. Dengan cara menyebar angket dan bertanya secara secara langsung kepada konsumen. Pengujian Instrumen yaitu uji validitas instrumen, uji reliabilitas. Metode analisis yaitu uji normalitas data, uji model terdiri uji heteroskedastisitas. uji multikolinieritas, Model Analisis yaitu analisis jalur yang dihitung dengan dua persamaan struktural yaitu persamaan regresi yang menunjukkan hubungan yang dihipotesiskan, uji koefisien untuk melihat tingkat signifikansi masing-masing koefisien regresi. Hasil Penelitian ini nantinya berapa besar pengaruh faktor signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan faktor yang dominan terhadap loyalitas pelanggan di Minimarket OMI Koperasi Univ. PGRI Palembang.

Kata kunci: Pelayanan, Barang, Suasana, Harga, Loyalitas Pelanggan

 

 

ABSTRACT

 

The research objective was to determine the service factor (X1), goods offered (X2), atmosphere (X3) and price (X4) which affect customer loyalty (Y) as well as the most dominant factor on customer loyalty as the dependent variable. The population was counted by the average number of customers each month, namely 1,244, while the sample used the Accidental Method. The sample was 97, the data collection techniques were questionnaires and interviews. By distributing questionnaires and asking directly to consumers. Instrument testing, namely the instrument validity test, reliability test. The method of analysis is the data normality test, the model test consists of the heteroscedasticity test. multicollinearity test, Analysis Model, namely path analysis calculated by two structural equations, namely the regression equation which shows the hypothesized relationship, the coefficient test to see the significance level of each regression coefficient. The results of this study will be how much the influence of significant factors on customer loyalty and dominant factors on customer loyalty in Minimarket OMI Koperasi Univ. PGRI Palembang.

 

Keywords: Service, Goods, Atmosphere, Price, Customer Loyalt

References

Alqifari. 2016. Statistik Induktif, Jakarta: UPP STIM YKPN

Berman, B & Evans, Jr 2017 Retail Manajemen: A Strategic Approach . Prentice Hall

Creswell & John, W. 2013 Research Desaign Qualitative & Quantitative Approaches, Jakarta: Penerbit KIK Press

Griffin, Jill. 2015. Customer Loyality: Menumbuhkan Dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga

Hendri, Ma’ruf , 2015, Pemasaran Ritel, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler, P. 2017. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi 9 Jilid 1 dan 2. Jakarta. Indonesia:PT.Indeks Kelompok Gramedia

………….., 2012. yang di terjemahkan oleh AB. Susanto, 2012. Manajemen Pemasaran, PT. Prenhalindo, Yogyakarta.

Riadi, Edi, 2016, Statistik Penelitian Analisis Manual Dan IBM SPSS, Yogyakarta: Andi

Sugiyono. (2017). Statistik untuk Penelitian. (cetakan.20). Bandung, Indonesia: Alfa Beta.

Supranto. M.A. 2016. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

…………..., 2015, Dinamika Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Tjahyadi, RA. 2016. Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakter Merek. Jurnal Manajemen, 6:65-78

Yavas, U & Babakus, E. 2013. Retail Store Loyalty: A Comparison of Two Customer Segments: International Journal of Retail and Distribution Manajemen, 37:6:477-492

Downloads

Published

2021-04-01