Pengaruh Laba Bersih dan Arus Kas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri (Consumer Goods Industry) Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Widia Amita Setyowati
  • Reva Maria Valianti
  • Rismansyah Rismansyah

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v18i2.6291

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel laba bersih,Arus kas dari aktivitas operasi, Arus kas dari aktivitas investasi, Arus kas dari aktivitas pendanaan, terhadap harga saham. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data laporan laba rugi dan laporan arus kas yang terdapat di laporan keuangan perusahaan manufakturbsektor industri barang komsumsi (consumer goods industry), yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2017. Analisis data dan pembahasan dilakukan dengan menggunakan metode analisis statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau mengambarkan datayang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa maksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Hasil penelitian ini secara persial menunjukan bahwa laba bersih berpengaruh signifikan terhadap harga saham, namun arus kas dari aktivitas 0perasi(AKO), arus kas dari aktivitas invetasi(AKI), dan arus kas dari aktivitas pendanaan(AKP), tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Hasil secara simultan menunjukan bahwa laba bersih , arus kas dari aktivitas  operasi, aruis kas dari aktivitas investasi, dan arus kas dari aktivitas pendanaan tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

 

Kata Kunci : Laba Bersih, AKO, AKI, AKP, Harga Saham

 

ABSTRACT

 

This study aims to determine the variable net income, cash flow from operating activities, cash flow from investment activities, cash flow from funding activities, to stock prices. The data used in this study are secondary data, namely income statement data and cash flow statements contained in the financial statements of manufacturing companies in the consumer goods industry sector, which were listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2017. Data analysis and discussion are carried out using statistical analysis methods that are used to analyze data by describing or describing the data that has been collected as it is without the intention of making conclusions that apply to the public or generalizations. The results of this study show that net income has a significant effect on stock prices, but cash flow from operating activities (AKO), cash flow from investing activities (AKI), and cash flow from financing activities (AKP), do not significantly influence stock prices . Simultaneous results show that net income, cash flow from operating activities, cash arising from investment activities, and cash flow from financing activities do not significantly influence stock prices.

 

Keywords: Net Income, operating activities (AKO), cash flow from investing activities (AKI), and cash flow from financing activities (AKP)

References

Aziz, Musdalifah. 2015. Manajemen Investasi. Yogyakarta : CV Budi Utama

Efraim Ferdinan Giri. (2017). Akutansi Keuangan Menengah 1. Cetakan pertama. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Fahmi, Irham. 2018. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta

Hery. 2016. Analisis laporan keuangan. Edisi Keenam. Jakarta: PT Grasindo.

Kadek, Sri, Putu.2018. Pengaruh Komponen Arus Kas, Laba Perusahaan dan Return On Assets terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur (consumer goods) yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016. Jurnal. Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali-indonesia.

Kasmir. 2018. Analisis Laporan Keuangan. cetakan ke sebelas. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Nurseha Ahmad. 2018. Pengaruh komponen arus kas dan laba bersih terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur sektor industridasar dan kimia yang tercatat pada bursa efek indonesia periode 2012-2016. Jurnal. UniversitasMaritim Raja Ali Haji,Tanjungpinang

Noor, Juliansyah. 2017. Metodelogi Penelitiam. Cetak Ke 7. Jakarta : Kencana

Priyatno, duwi. 2018. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Setiawati.2018.PengaruhLabaBersihdanArusKasOperasiTerhadapHargaSaham Pada Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015. Jurnal. Ekonomi dan Bisnis. Dinamika Ekonomi.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. 2016. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2021-07-05