Peranan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Tingkat Minat Belajar Pada Sempoa SIP Dempo Palembang

Authors

  • Wiwin Winarsih
  • M. Didi Wahyudi
  • Aries Veronica

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v18i2.6292

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran dan menemukan bauran pemasaran yang tepat yang meliputi 7 p (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, bukti fisik) pada Bimbingan Belajar Sempoa SIP Cabang Dempo Palembang untuk mencapai target pasarnya. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan metode pengumpulan data, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kurang signifikannya jumlah peserta bimbingan belajar sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Sempoa SIP. Hal ini terjadi karena kurangnya permintaan dan kendala dari beberapa sektor. Di masa depan, Sempoa SIP Dempo Palembang perlu mempertahankan strategi suksesnya dan mungkin ingin mempertimbangkan pengurangan harga serta memprioritaskan kegiatan di berbagai sekolah dan promosi media sosial dengan cara yang kreatif dan inovatif.

 

Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Bauran Pemasaran, Media Promosi

 

ABSTRACT

 

This study aims to know the application of marketing strategy and finding proper marketing mix that includes 7 p (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) at Tutoring Agency Sempoa SIP Dempo Palembang Branch to reach its target market. The analysis techniques used in this study is qualitative analysis by data collection methods, interview and library research. The results showed that there is lack of significance number of participants tutoring in accordance with predetermined target by Sempoa SIP. This occurs because of a lack of demand and obstacles from several sectors. In the future, Sempoa SIP Dempo Palembang needs keep its succeeding strategy and might want to consider price reduction as well prioritization of activities in the different schools and social media promotion in creative and innovative ways.

 

Keywords : Tutoring Agency, Marketing Mix, Promotion Media

References

Kereh Feibe. Tumbel, Altje L. Loindong, Sjendry S.R. 2018. Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan motor Yamaha Mio pada PT. Hasjrat Abadi Yamaha Sam Ratulangi. Jurnal EMBA. Vol. 6 No. 2. ISSN: 2303-1174. April 2018. Hal 968-977. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/20024. Diakses Juni 2021

Kotler, Philip dan Gray Amstrong Penerjemah Alexander Sindoro. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi ke-9, Jilid 1. Jakarta : PT Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid. Erlangga.

Lupiyoadi, R dan Hamdani, A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Monigir, L., Mandey, S. L dan Ogi I. W. 2016. Penerapan Strategi Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada MultiMart Ranotana Manado). Jurnal EMBA. Vo. 4 No. 4. ISSN 2303-1174. Desember 2016. http://ejournal.unsrat.ac.id/indeks.php/emba/article/view/14533. Diakses Juni 2021.

Schiffman dan Kanuk, Amelia. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Setiadi J, Nugroho. 2010. Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer {ada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup.

Silvana. 2012. Penerapan Strategi Pemasaran Marketing Mix (Studi Kasus pada PT. Batik Dinar Hadi). Widya Teknika. Vol. 20 No. 1. Maret 2012. ISSN 1411-0660. http://publishungwidyagama.ac.id/ejounalv2/index.php/widyateknika/articles/viewFile/8/8. Diakses tanggal Juni 2021. Hal 55-62.

Swastha, Basu dan Ibnu Sukotjo W. 2002 . Pengantar Bisnis Modern. Edisi Ketiga. Liberty. Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-07-05