PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. PLN (PERSERO) WS2JB CABANG LAHAT RANTING MUARA ENIM
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v7i2.665Abstract
PT. PLN (PERSERO) WS2JB Cabang Lahat Ranting Muara Enim. Objek penelitian yang dipilih adalah pada Bagian Pelayanan Pelanggan pada PT. PLN (PERSERO)WS2JB Cabang Lahat Ranting Muara Enim.
Persamaan regresinya Y = 46,954 + 0,279X, konstanta sebesar 46,954, artinya jika pelayanan (X) nilainya 0, maka kepuasan pelanggan (Y’) nilainya sebesar 46,954. Koefisien regresi variabel pelayanan (X) sebesar 0,279, artinya jika pelayanan mengalami kenaikan 1%, maka kepuasan pelanggan (Y’) akan mengalami peningkatan sebesar 0,279. Koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara pelayanan dengan kepuasan pelanggan, semakin tinggi pelayanan maka semakin meningkatkan kepuasan pelanggan.
Hasil koefisien korelasi sederhana (r) adalah 0,206, koefisien determinasi (r2) sebesar 0,2062 atau 0,0676 (6,76%) sedangkan sisanya 93,24% dijelaskan dalam variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian dan hasil analisis korelasi ganda dapat dilihat pada output Model Summary dari analisis regresi linier berganda. Berdasarkan output diperoleh angka R sebesar 0,206. Karena nilai korelasi ganda berada diantara 0,20 – 0,399, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi hubungan yang rendah antara pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.
 Uji hipotesis nilai t hitung < t tabel ( 1,475 < 2,009) maka Ho ditolak artinya bahwa ada pengaruh secara signifikan antara pelayanan dan kepuasan pelanggan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT. PLN (PERSERO) WS2JB Cabang Lahat Ranting Muara Enim.
Â
Kata Kunci : Pelayanan, Kepuasan PelangganDownloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.