Analisis Studi Kelayakan Bisnis Usaha Ikan Hias Lokal Khas Bangka Belitung Di Wilayah Kota Pangkalpinang (Tahun2020-2021)

Authors

  • Dewi Ratnasari
  • Nelly Astuti
  • Rizal R. Manullang

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v18i4.7440

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kelayakan usaha usaha ikan hias lokal khas Bangka Belitung di wilayah kota Pangkalpinang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus, yaitu menggambarkan dan menggambarkan kondisi yang ada di lokasi penelitian pada saat observasi dilanjutkan dengan menganalisis permasalahan yang dihadapi dengan menggunakan analisis kelayakan usaha termasuk net present value (NPV). , Average rate of return (ARR), payback period (PP) dan profitabilitas index (PI) serta untuk melihat perkembangan strategi bisnis ikan hias lokal ini dengan menggunakan analisis SWOT dan melihat permintaan dan penawaran pasar, serta bauran pemasaran . Usaha ikan hias lokal yang dikaji berdasarkan hasil metode perhitungan NPV sebesar Rp34.165.964, hasil metode perhitungan ARR sebesar 92%, dan hasil metode perhitungan PP mampu mengembalikan modal selama 8 bulan, maka metode perhitungan PI sebesar 2,36. Bisnis ini sangat layak untuk dijalankan.

 

Kata kunci : studi kelayakan usaha, ikan hias lokal.

 

ABSTRACT

 

The objectivesofthisresearchactivityare (1)todetermine thebusinessfeasibilityofalocalornamentalfishbusinesstypical of BangkaBelitunginthePangkalpinangcity area.Themethodused in thisstudyis a qualitative descriptivemethodwith a casestudy method, whichdescribesand describestheconditionsthatexisted at the researchlocation atthe time of observation followed by analyzing problemsencountered using business feasibility analysisincluding netpresentvalue(NPV),Averagerate of return (ARR),paybackperiod(PP)andprofitabilityindex(PI)andtosee the developmentofthislocal ornamentalfishbusinessstrategy by using SWOTanalysisandlookingatmarketdemandandsupply, as well asthe marketing mix.The local ornamentalfish businessstudied was based ontheresults of theNPV calculationmethod ofRp.34,165,964,theresultsoftheARRcalculationmethodof92%,and the results ofthe PPcalculation methodbeingable toreturncapital for8months, thenthePI calculationmethod of 2.36. Thisbusiness is very feasible torun.

 

Keywords :business feasibility study,localornamentalfish.

References

Husnan,s, Muhammad. (2000). StudiKelayakanBisnis. Yogyakarta:UnitPenerbit dan Percetakan AMP YKPN.

Ichsan, Reza Nurul, Lukman Nasution dan SarmanSinaga. (2019). StudiKelayakanBisnis (Business Feasibility Study). CV. Manhaji Medan.

Ma’arif Iqbal, Manullang Rizal Ruben &Astuti Nelly. (2020). AnalisisStudiKelayakanBisnisBeternakAyamPotong- StudiKasusImplementasiKandang Box.

Manullang, RizalRuben. (2014). The 2015 AEC Business Competition, Business Intelligent and Implications for Small Medium Enterprises Competitivenesspublished at: "Scientific Research Journal (Scirj), Volume II, Issue I, January 2014 Edition, Page 1-8 ".

Sandu, Sunyoto& M. Ali Sodik. (2015). Dasar MetodologiPenelitian. Literasi Media Publishing. Sleman Yogyakarta.

Sugiyono. (2016). MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif dan R&D. EdisiKelima. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2017). MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif dan R & D. EdisiKe-enam. Bandung: ALFABETA.

Downloads

Published

2022-01-05