Strategi Menghadapi Persaingan Di Era Pandemi Covid-19 Pelaku Usaha UMKM Mengadopsi Sistem Pemasaran Digital Marketing Melalui Social Media

Anggit Yoebrilianti K, Nurhayani Nurhayani

Abstract


ABSTRAK

 

Teknologi telah mengubah perilaku Masyarakat dan perilaku penyedia layanan dari konvensional menjadi digital khususnya di Indonesia sebagai negara berkembang  yang merasakan perkembangan teknologi yang cukup signifikan. Sarana tersebut disebut dengan layanan Digital Marketing yang berperan untuk memudahkan proses pemasaran bagi penjual dan pembeli khususnya bagi UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi UMKM mengadopsi sistem pemasaran  Digital Marketing melalui Social Media. Populasi Penelitian ini adalah masyarakat yang punya akun media Social (Social Media) dengan sampel 100 orang pengguna aktif akun media Social (Social Media). Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan Kuesioner, penelitian ini melakukan analisis hubungan Variabel dengan analisis regresi linier berganda (multi linear regression). Hasil analisis penelitian ini adalah Digital Marketing berpengaruh signifikan terhadap Marketing UMKM melalui Social Media.

 

Kata kunci : Pemasaran, Media Sosial, Pemasaran Digital

 

 

ABSTRACT

 

Technology has changed the behavior of the Community and the Behavior of Service Providers from Conventional to Digital,especially in Indonesia as a developing Country that has Experienced significant technological Developments. These facilities are Called Digital Marketing services whose role is to facilitate the Marketing process for sellers and buyers, especially for UMKM. The purpose of this research to knowStrategy of UMKM to adopta Digital Marketing System through Social Media. The Population of this Study is people who have Social Media Accounts (Social Media) with a samples of 100 active users of Social Media Accounts (Social Media). Data were collected by distributing Quesionaires, this study analyzed the relationship between variables with multiple linear Regression Analysis. The results of the analysis of this study are that Digital marketing has a significant effect on Marketing UMKM through Social Media.

 

Keywords : Marketing, Social Media, Digital Marketing

Full Text:

PDF

References


Adityo, Benio. (2011). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas (Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Situs Kaskus). Kaskus.

Churchill, JR. G. A. (2008). Basic Marketing Research (Dasar-dasar Riset Pemasaran), Penerbit : Erlangga, Jakarta.

Disparbud. (2015). Indonesia Dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015 (Studi : SocialMedia Mark pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Prov. Jawa Barat), vol. 8, no. April 2014, pp. 123-138, 2015.

Griffin R. W. dan Elbert Ronald J. (2008). Business 8thEdition, New Jersey, Prentice Hall.

Gumilang, Ratna. (2019). Jurnal Ilm. Manaj, Coopetition. vol. 10, No. 1, pp. 9-14, Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri.

Latan, Hengky. (2013). Model Persamaan Sruktural Teori Dan Implementasi AMOS 21.0, Penerbit : Alfabeta, Bandung.

Marcelina, Rani. (2019). Strategi Marketing Yang Perlu Kamu Ketahui Dalam Berbisnis. https://aloharani.home.blog/2019/04/03/strategi-marketing-yang-perlu-kamu-ketahui-dalam-berbisnis/

Philip, Kotler dan Kevin Keller. (2012). Marketing Management (Manajemen Pemasaran), Penerbit : Erlangga, Jakarta.

Prayitno, Aris. (2022). Pengertian digital marketing menurut para ahli (strategi - perkembangannya di Indonesia)https://www.justaris.com/pengertian-digital-marketing-menurut-para-ahli-strategi-dan-perkembangannya-di-indonesia/

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Riduwan, (2007). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Penerbit : Alfabeta, Bandung

Supangat. (2020). Techno preneurship Digital Content”. [Teaching Resource].

Saputra dan Ardani. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian, E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 9, no. 7, p. 2596, 2020, doi: 10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07.

Supriyadi, Edy. (2014). Statistical Data Analysis SPSS + AMOS, Penerbit : In Media, Jakarta.

Suryani, Ita. (2014). Jurnal komunikasi, ISSN 1907-898X Vol. 8, No. 2, April 2014, Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Prod. dan Potensi.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Bisnis Pemasaran, Penerbit : Andi, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmwe.v19i2.8928

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Media Wahana Ekonomika

p-ISSN 1693-4091 (print), e-ISSN 2622-1845 (online)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang

Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang 30251
e-mail: jmwahanaekonomika@univpgri-palembang.ac.id / jmwahanaekonomika@gmail.com

Jurnal Media Wahana Ekonomika by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

  1. Slot Online Terpercaya
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Daftar Situs Judi Slot Online Terpercaya
  4. Judi Slot Terpercaya
  5. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  6. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  7. Slot Hacker
  8. Situs Slot Online Terbaik
  9. Slot Gacor Gampang Menang
  10. Slot Online
  11. Situs Slot Online Terbaik 2022
  12. Slot RTP Pragmatic
  13. Situs Slot Gacor 2022
  1. Situs Judi Slot Terlengkap
  2. Situs Slot Online Terbaik Dan Terpercaya No 1
  3. Slot Pragmatic Play
  4. Situs Slot Online Terpercaya
  5. Kumpulan Situs Judi Slot Terpercaya
  6. Game Slot Online
  7. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  8. Situs Judi Slot Online Terpercaya 2021
  9. Slot Joker123
  10. Agen Slot Online Resmi
  11. Slot Deposit Pulsa
  12. Daftar Situs Judi Slot Terbaik Dan Terpercaya No 1
  13. AloJudi Slot
  14. Situs Slot
  15. Judi Slot Online Jackpot Terbesar Gampang Menang
  16. Mesin slot gacor 88
  17. Mesin slot
  18. Link Slot Online
  19. Slot Via Dana
  20. Daftar Situs Bo Slot Online Gacor Terbaik 2022