Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Grab Di Kota Palembang

Erfan Robyardi, Tri Sinarti, Agus Mulyani, DhikaFitra Ananda DhikaFitra Ananda

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem informasi, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada jasa Grab di Kota Palembang. Metode yang dalam penelitian ini adalah asosiatif dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah sampel yang diteliti adalah 100 pelanggan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, analisis determinasi, uji t dan uji f dengan menggunakan program software spss 22 for windows. Dari hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh kualitas sistem informasi (X1) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, artinya secara parsial ada pengaruh yang signifikan kualitas sistem informasi terhadap kepuasan pelanggan.Variabel harga (X2) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, artinya secara parsial ada pengaruh yang signifikan harga terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan Variabel kualitas pelayanan (X3) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, artinya secara parsial ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil pembahasan uji F secara simultan diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas sistem informasi, harga dan kualitas pelayanan secarabersama-samaterhadap kepuasan pelanggan pada jasa Grab di Kota Palembang.

 

Kata kunci : Kualitas Sistem Informasi, Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

 

ABSTRACT

 

This study aims to determine the effect of information system quality, price and service quality on customer satisfaction with Grab services in Palembang City. The method in this study is associative and the type of data used in this study is quantitative with the number of samples studied is 100 customers. The data analysis technique used in this research is simple linear regression analysis, multiple linear regression analysis, correlation coefficient analysis, determination analysis, t test and f test using the software program spss 22 for windows. From the results of the t-test research shows that there is an effect of information system quality (X1) with a significant value of 0.000 <0.05, meaning that partially there is a significant influence of information system quality on customer satisfaction. Price variable (X2) with a significant value of 0.000 < 0, 05, meaning that partially there is a significant effect of price on customer satisfaction. While the service quality variable (X3) with a significant value of 0.000 <0.05, it means that partially there is a significant effect of service quality on customer satisfaction. From the results of the discussion of the simultaneous F test, a significant value of 0.000 <0.05 means that Ho is rejected, Ha is accepted. So it can be concluded that there is a significant influence between the quality of information systems, prices and service quality together on customer satisfaction with Grab services in Palembang City.

 

Keywords : Information System Quality, Price, Service Quality and Customer Satisfaction


Full Text:

PDF

References


Dewa Chriswardana Bayu . (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Wisatawan di Yogyakarta). Amik Bsi Yogyakarta.

Halim Prawirananta & Rahmawati. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Gojek di Kota Yogyakrta.Universitas Negeri Yogyakarta.

Kotler Philip, Amstrong Gary. (2016). Dasar-dasar Pemasaran Jilid ke 1, Edisi ke Sembilan, Jakarta: Erlangga.

Oktariansyah, Damayanti, R, Usman, B & Eko Putra, A. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Transmusi) Melalui Kinerja Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kota Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol. 15 (1), 2017, Hal: 49-61.

Riri Oktarini. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Aplikasi Gojek di Kota Tangerang.Universitas Pamulang.

Sudarsono, Arfian Ribut. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna. Artikel, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Bandung, Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CV. Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmwe.v19i2.8932

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Media Wahana Ekonomika

p-ISSN 1693-4091 (print), e-ISSN 2622-1845 (online)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang

Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang 30251
e-mail: jmwahanaekonomika@univpgri-palembang.ac.id / jmwahanaekonomika@gmail.com

Jurnal Media Wahana Ekonomika by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

  1. Slot Online Terpercaya
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Daftar Situs Judi Slot Online Terpercaya
  4. Judi Slot Terpercaya
  5. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  6. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  7. Slot Hacker
  8. Situs Slot Online Terbaik
  9. Slot Gacor Gampang Menang
  10. Slot Online
  11. Situs Slot Online Terbaik 2022
  12. Slot RTP Pragmatic
  13. Situs Slot Gacor 2022
  1. Situs Judi Slot Terlengkap
  2. Situs Slot Online Terbaik Dan Terpercaya No 1
  3. Slot Pragmatic Play
  4. Situs Slot Online Terpercaya
  5. Kumpulan Situs Judi Slot Terpercaya
  6. Game Slot Online
  7. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  8. Situs Judi Slot Online Terpercaya 2021
  9. Slot Joker123
  10. Agen Slot Online Resmi
  11. Slot Deposit Pulsa
  12. Daftar Situs Judi Slot Terbaik Dan Terpercaya No 1
  13. AloJudi Slot
  14. Situs Slot
  15. Judi Slot Online Jackpot Terbesar Gampang Menang
  16. Mesin slot gacor 88
  17. Mesin slot
  18. Link Slot Online
  19. Slot Via Dana
  20. Daftar Situs Bo Slot Online Gacor Terbaik 2022