Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Grab Di Kota Palembang

Authors

  • Erfan Robyardi
  • Tri Sinarti
  • Agus Mulyani
  • DhikaFitra Ananda DhikaFitra Ananda

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v19i2.8932

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem informasi, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada jasa Grab di Kota Palembang. Metode yang dalam penelitian ini adalah asosiatif dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah sampel yang diteliti adalah 100 pelanggan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, analisis determinasi, uji t dan uji f dengan menggunakan program software spss 22 for windows. Dari hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh kualitas sistem informasi (X1) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, artinya secara parsial ada pengaruh yang signifikan kualitas sistem informasi terhadap kepuasan pelanggan.Variabel harga (X2) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, artinya secara parsial ada pengaruh yang signifikan harga terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan Variabel kualitas pelayanan (X3) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, artinya secara parsial ada pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil pembahasan uji F secara simultan diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas sistem informasi, harga dan kualitas pelayanan secarabersama-samaterhadap kepuasan pelanggan pada jasa Grab di Kota Palembang.

 

Kata kunci : Kualitas Sistem Informasi, Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

 

ABSTRACT

 

This study aims to determine the effect of information system quality, price and service quality on customer satisfaction with Grab services in Palembang City. The method in this study is associative and the type of data used in this study is quantitative with the number of samples studied is 100 customers. The data analysis technique used in this research is simple linear regression analysis, multiple linear regression analysis, correlation coefficient analysis, determination analysis, t test and f test using the software program spss 22 for windows. From the results of the t-test research shows that there is an effect of information system quality (X1) with a significant value of 0.000 <0.05, meaning that partially there is a significant influence of information system quality on customer satisfaction. Price variable (X2) with a significant value of 0.000 < 0, 05, meaning that partially there is a significant effect of price on customer satisfaction. While the service quality variable (X3) with a significant value of 0.000 <0.05, it means that partially there is a significant effect of service quality on customer satisfaction. From the results of the discussion of the simultaneous F test, a significant value of 0.000 <0.05 means that Ho is rejected, Ha is accepted. So it can be concluded that there is a significant influence between the quality of information systems, prices and service quality together on customer satisfaction with Grab services in Palembang City.

 

Keywords : Information System Quality, Price, Service Quality and Customer Satisfaction

References

Dewa Chriswardana Bayu . (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Jasa Grabcar Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Wisatawan di Yogyakarta). Amik Bsi Yogyakarta.

Halim Prawirananta & Rahmawati. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Gojek di Kota Yogyakrta.Universitas Negeri Yogyakarta.

Kotler Philip, Amstrong Gary. (2016). Dasar-dasar Pemasaran Jilid ke 1, Edisi ke Sembilan, Jakarta: Erlangga.

Oktariansyah, Damayanti, R, Usman, B & Eko Putra, A. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Transmusi) Melalui Kinerja Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kota Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol. 15 (1), 2017, Hal: 49-61.

Riri Oktarini. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Aplikasi Gojek di Kota Tangerang.Universitas Pamulang.

Sudarsono, Arfian Ribut. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna. Artikel, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Bandung, Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CV. Andi.

Downloads

Published

2022-07-05