Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT. Honda Bintang Motor Angkatan 66 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v19i2.8937Abstract
ABSTRAK
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, 2) pengetahuan produk terhadap kinerja pemasaran, 3) orientasi pasar dan pengetahuan produk terhadap kinerja pemasaran. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh karyawan pada bagian penjualan produk motor di PT. Honda Bintang Motor Angkatan 66 Palembangberjumlah 32 orang karyawan. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa: 1) orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran pada PT. Honda Bintang Motor Angkatan 66 Palembang, 2) pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran pada PT. Honda Bintang Motor Angkatan 66 Palembang, 3) orientasi pasar dan pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran pada PT. Honda Bintang Motor Angkatan 66 Palembangdengan sumbangan seluruh variabel orientasi pasar dan pengetahuan produk terhadap kinerja pemasaran sebesar 80,7%.
Â
Kata Kunci: Kinerja Pemasaran
Â
ABSTRACT
Â
This study aims to determine the effect of: 1) market orientation on marketing performance, 2) product knowledge on marketing performance, 3) market orientation and product knowledge on marketing performance. The population and sample of this study were all employees in the sales of motorcycle products at PT. Honda Bintang Motor Batch 66 Palembang again opened 32 employees. The research data analysis technique used simple linear regression analysis and multiple linear regression. The results of hypothesis testing that: 1) market orientation has a significant effect on marketing performance at PT. Honda Bintang Motor Batch 66 Palembang, 2) knowledge products have a significant effect on marketing performance at PT. Honda Bintang Motor Batch 66 Palembang, 3) market orientation and product knowledge have a significant effect on marketing performance at PT. Honda Bintang Motor Batch 66 Palembang with the contribution of all variables of market orientation and product knowledge to marketing performance of 80.7%.
Â
Keywords: Marketing Performance
References
Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Despande, R. & Webster, F. E. (2014). Organizational Culture and Marketing: Defining the Research Agenda. Ahli Bahasa: Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana.
Eryanafita, I. (2015). Kinerja Pemasaran. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ferdinand, A. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kohlil, A. K., & B. J. Jaworski. (2017). Market Orientation: The Construct, Research Propositions, and Management Implications. Alih Bahasa oleh Ardi Sanyoto dkk, Edisi 2, Jakarta: Gramedia.
Narver, J C., & Stanley F. Slatter. (2013). The Effect of Market Orientation on Business Profitability. Ahli Bahasa: Ratna Djuwita, dkk. Jakarta: Erlangga.
Prasetya. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat..
Suprapto dan Susanti. (2016). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Kepercayaan terhadap Sikap Loyalitas Peserta BPJS Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Buletin Bisnis & Manajemen. Volume 02, No. 01, Februari 2016, No. ISSN: 2442-885X.
Saleh dan Sudarti (2010). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Peamsaran Nasmoco di Jawa Tengah dan DIY. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 1 No. 1. September 2010.
Solihin. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada Pt Prima Ufuk Semesta (Studi Empiris Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah Jabodetabek). Jurnal Semarak,Vol. 2,No.3, Oktober 2019, Hal (20-26). ISSN 2615-6849 , E-ISSN 2622-3686.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryawan. (2019). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.
Yuniarti, V.S. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.