Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada PT. Honda Bintang Motor Angkatan 66 Palembang

Rodini Ahmad, Ninin Non Ayu Salmah, Adie Kurbani

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, 2) pengetahuan produk terhadap kinerja pemasaran, 3) orientasi pasar dan pengetahuan produk terhadap kinerja pemasaran. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh karyawan pada bagian penjualan produk motor di PT. Honda Bintang Motor Angkatan 66 Palembangberjumlah 32 orang karyawan. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa: 1) orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran pada PT. Honda Bintang Motor Angkatan 66 Palembang, 2) pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran pada PT. Honda Bintang Motor Angkatan 66 Palembang, 3) orientasi pasar dan pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran pada PT. Honda Bintang Motor Angkatan 66 Palembangdengan sumbangan seluruh variabel orientasi pasar dan pengetahuan produk terhadap kinerja pemasaran sebesar 80,7%.

 

Kata Kunci: Kinerja Pemasaran

 

ABSTRACT

 

This study aims to determine the effect of: 1) market orientation on marketing performance, 2) product knowledge on marketing performance, 3) market orientation and product knowledge on marketing performance. The population and sample of this study were all employees in the sales of motorcycle products at PT. Honda Bintang Motor Batch 66 Palembang again opened 32 employees. The research data analysis technique used simple linear regression analysis and multiple linear regression. The results of hypothesis testing that: 1) market orientation has a significant effect on marketing performance at PT. Honda Bintang Motor Batch 66 Palembang, 2) knowledge products have a significant effect on marketing performance at PT. Honda Bintang Motor Batch 66 Palembang, 3) market orientation and product knowledge have a significant effect on marketing performance at PT. Honda Bintang Motor Batch 66 Palembang with the contribution of all variables of market orientation and product knowledge to marketing performance of 80.7%.

 

Keywords: Marketing Performance


Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Despande, R. & Webster, F. E. (2014). Organizational Culture and Marketing: Defining the Research Agenda. Ahli Bahasa: Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana.

Eryanafita, I. (2015). Kinerja Pemasaran. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ferdinand, A. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kohlil, A. K., & B. J. Jaworski. (2017). Market Orientation: The Construct, Research Propositions, and Management Implications. Alih Bahasa oleh Ardi Sanyoto dkk, Edisi 2, Jakarta: Gramedia.

Narver, J C., & Stanley F. Slatter. (2013). The Effect of Market Orientation on Business Profitability. Ahli Bahasa: Ratna Djuwita, dkk. Jakarta: Erlangga.

Prasetya. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat..

Suprapto dan Susanti. (2016). Pengaruh Pengetahuan Produk dan Kepercayaan terhadap Sikap Loyalitas Peserta BPJS Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Buletin Bisnis & Manajemen. Volume 02, No. 01, Februari 2016, No. ISSN: 2442-885X.

Saleh dan Sudarti (2010). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Peamsaran Nasmoco di Jawa Tengah dan DIY. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 1 No. 1. September 2010.

Solihin. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada Pt Prima Ufuk Semesta (Studi Empiris Pada Outlet Rekanan PT. Prima Ufuk Semesta di Wilayah Jabodetabek). Jurnal Semarak,Vol. 2,No.3, Oktober 2019, Hal (20-26). ISSN 2615-6849 , E-ISSN 2622-3686.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryawan. (2019). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.

Yuniarti, V.S. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmwe.v19i2.8937

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Media Wahana Ekonomika

p-ISSN 1693-4091 (print), e-ISSN 2622-1845 (online)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang

Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang 30251
e-mail: jmwahanaekonomika@univpgri-palembang.ac.id / jmwahanaekonomika@gmail.com

Jurnal Media Wahana Ekonomika by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/ is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

  1. Slot Online Terpercaya
  2. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  3. Daftar Situs Judi Slot Online Terpercaya
  4. Judi Slot Terpercaya
  5. Kumpulan Situs Judi QQ Online Terpercaya
  6. Situs Slot Deposit Pulsa dan Slot Online Terbaik
  7. Slot Hacker
  8. Situs Slot Online Terbaik
  9. Slot Gacor Gampang Menang
  10. Slot Online
  11. Situs Slot Online Terbaik 2022
  12. Slot RTP Pragmatic
  13. Situs Slot Gacor 2022
  1. Situs Judi Slot Terlengkap
  2. Situs Slot Online Terbaik Dan Terpercaya No 1
  3. Slot Pragmatic Play
  4. Situs Slot Online Terpercaya
  5. Kumpulan Situs Judi Slot Terpercaya
  6. Game Slot Online
  7. Judi Slot Online Jackpot Terbesar
  8. Situs Judi Slot Online Terpercaya 2021
  9. Slot Joker123
  10. Agen Slot Online Resmi
  11. Slot Deposit Pulsa
  12. Daftar Situs Judi Slot Terbaik Dan Terpercaya No 1
  13. AloJudi Slot
  14. Situs Slot
  15. Judi Slot Online Jackpot Terbesar Gampang Menang
  16. Mesin slot gacor 88
  17. Mesin slot
  18. Link Slot Online
  19. Slot Via Dana
  20. Daftar Situs Bo Slot Online Gacor Terbaik 2022