Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Di Desa Muara Meo

Authors

  • Fikri Afriansyah
  • Mukran Roni

DOI:

https://doi.org/10.31851/jmwe.v19i3.9462

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk makanan di Rumah Makan Muara Meo Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada rumah makan di desa muara meo. Variabel yang digunakan adalah kualitas produk dan harga. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 responden, dengan teknik pengambilan sampel quota sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dengan menggukan metode kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda yang didapat Y = 3,496 + 0,685 + 0,143. Secara persial (uji t) kualitas produk yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga tidak dapat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan (uji f) terdapat pengaruh antara kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian.

 

Kata kunci : Kualitas produk, Harga, Keputusan Pembelian

 

 

ABSTRACT

 

The purpose of this study was to determine how much influence product quality and price had on purchasing decisions for food products at the Muara Meo Restaurant. The type of research used in this study was associative research, namely to determine the effect of product quality and price on purchasing decisions at restaurants in estuary meo village. The variables used are product quality and price. The sample in this study was 50 respondents, with quota sampling sampling technique. The data used in this study is primary data, using the questionnaire method. The analysis technique used is multiple linear regression obtained Y = 3.496 + 0.685 + 0.143. Partially (t test) product quality has a significant effect on purchasing decisions, while price has no significant effect on purchasing decisions. Simultaneously (f test) there is an influence between product quality and price on purchasing decisions.

 

Keywords: Product quality, Price, Purchase Decision

References

Alma,Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen kopi lain hati lamper kota semarang). Al tijarah, 6(3), 96-107

Anggriawan, J. & Brahmayanti, I. A.S. (2016). Pengaruh Produk, Harga Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di PT. Finele Pasar Atom Mall Surabaya. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(1), C1-30.

Gunawan. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Pada Pegawai Kantor Camat Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Jurnal Media Wahana Ekonomika. Vol. 18 No.3, Oktober 2021

Ghozali. (2018). Pengaruh Kedisiplinan dan Kompetensi Terhadap Kecelakaan Kerja. Prosiding Kemaritiman 2021

Kotler & Armstrong. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di Pt Panca Sakti Perkasa Di Bintaro. Jurnal Perkusi Pemasaran, Keuangan Dan Sumber Daya Manusia. Volume 1, Nomor 4

Kotler & Armstrong. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Chang Tea Di Surabaya. Jurnal Agora Vol. 6, No. 2, (2018)

Kotler & Armstrong. (2015). Marketing An Introducing Prentice Hall Twelfth Edition.

Nasution, M. N. (2011). Manajemen Mutu Terpadu. Ghalia Indonesia, Jakarta

Sugiyono. (2017). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pelabuhan Batu Ampar Di Batam.Jurnal Ilmiah Kohesi. Vol. 4 No. 3

Susanto. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Pixy.Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi. Volume X No. 2 / November / 2018

Tjiptono, Fandy. (2016) Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Iphone Di Bandung. E-Proceeding Of Applied Science. Vol.5, No.2 Agustus 2019 | Page 638.

Tjiptono, Fandy. (2017). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta:Andi Offset.

Wijaya. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sari Roti. Jurnal Aplikasi Bisnis, Volume : 7 No. 1 Juni 2021

Wibowo &Priansa. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Word Of Mouth, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Laptop Merek Acer Di Kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen. Vol. 2 No. 2 April 2021

Yamit, Zulian (2020). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Penerbit EKONISIA

Downloads

Published

2022-10-10