Pengaruh Penggunaan Absensi Fingerprint Dan Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v19i3.9471Abstract
ABSTRAK
Â
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh Absensi Fingerprint dan Pengawasan terhadap Disiplin Kerja. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah sampel yang diteliti adalah 64 pegawai. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji t dan uji f dengan menggunakan program Software spss 21 for windows. Dari hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa ada Absensi Fingerprint (X1) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, artinya secara parsial ada pengaruh yang signifikan Absensi Fingerprint terhadap Disiplin Kerja. Sedangkan Pengawasan dengan nilai signifikan 0,000 > 0,05, artinya secara parsial ada pengaruh yang signifikan Pengawasan terhadap Disiplin Kerja. Hasil pembahasan uji F secara simultan diperoleh oleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat diterangkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Absensi Fingerprint dan Pengawasan terhadap Disiplin Kerja Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Palembang.
Â
Kata Kunci: Absensi Fingerprint, Pengawasan dan Disiplin Kerja
Â
Â
ABSTRACT
Â
This study intends to determine the effect of Fingerprint Attendance and Supervision on Work Discipline. The method used in this study is a quantitative method with the number of samples studied is 64 employees. The data analysis technique used in this research is multiple linear regression analysis, correlation coefficient analysis, coefficient of determination analysis, t test and f test using the software program spss 21 for windows. From the results of the t-test research, it shows that there is Fingerprint Attendance (X1) with a significant value of 0.000 <0.05, meaning that partially there is a significant effect of Fingerprint Attendance on Work Discipline. While Supervision with a significant value of 0.000 > 0.05, it means that partially there is a significant effect of Supervision on Work Discipline. The results of the discussion of the F test simultaneously obtained by a significant value of 0.000 <0.05, meaning that H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be explained that there is a significant influence between Fingerprint Attendance and Supervision of the Work Discipline of the Education Office of the South Sumatra Province of Palembang. Keywords : Fingerprint Attendance, Supervision and Work DisciplineReferences
Busro, M. (2020). Teori-teori Manajemen Sumber Daya. Jakarta: Prenadamedia Group.
Fadila, R., & Septiana, M. (2019). Pengaruh Penerapan Sistem Absensi Fingerprint Terhadap Disiplin Pegawai Pada Markas Komando Direktorat Pengamanan Badan Pengusahaan atam. Jurnal Of Businness Administration, 53-63.
Priyatno, D. (2018). SPPS Panduan Mudah Olah Data Bagi Manusia dan Umum. Yogyakarta: Andi.
Sinambela, P. D. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sule, E. T., & Saefullah, K. (2018). Pengantar Manajemen. Depok: Prenadamedia.
Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta Selatan: Change Publication.
Suwandi, M., Tambunan, H. M., & Yusuf, F. (2018). Pengaruh Penerapan Absensi Fingerprint Terhadap Disiplin Kerja Pada PT. Telkom Indonesia Jakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.