Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada The Hungry Burger
DOI:
https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i1.9814Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada The Hungry Burger”. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah field research atau studi lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung dengan membagikan kuesioner kepada responden yang dianggap memenuhi syarat. Sumber data yang digunakan adalah data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan pada responden.Kuesioner ini digunakan untuk mengukur kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi penjualan serta minat beli konsumen. Hasil penelitian berdasarkan pengolahan data dengan bantuan program SPSS versi 26 for window, diperoleh hasil secara simultan (Uji F) menunjukan bahwa Fhitung sebesar 39.044 > Ftabel 2.68 dengan tingkat signifikan sebesar 0.000 < 0.05, maka dapat disimpulkan ada pengaruh antara kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2), dan promosi penjualan (X3) secara bersama-sama (simultan) terhadap minat beli konsumen (Y). Dan hasil koefisien determinasi seperti yang terdapat pada tabel 29, bahwa nilai R2 sebesar 0,700, hal ini berarti sebesar 70%. dapat dijelaskan oleh variable kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi penjualan, sedangkan 30 % (100% - 70%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Promosi Penjualan, Minat Beli Konsumen
ABSTRACT
This research was conducted with the aim of knowing "The Effect of Product Quality, Service Quality and Sales Promotion on Consumer Buying Interest in The Hungry Burger". The data collection method used to obtain data in this study is field research, which is research conducted directly by distributing questionnaires to respondents who are considered qualified. The data source used is primary data collected through questionnaires shared with respondents. This questionnaire is used to measure product quality, service quality and sales promotion as well as consumers' buying interest. The results of the study based on data processing with the help of the SPSS program version 26 for window, simultaneous results were obtained (Test F) showing that Fhitung was 39,044 > Ftabel 2.68 with a significant level of 0.000 < 0.05, it can be concluded that there is an influence between product quality (X1), service quality (X2), and sales promotion (X3) together (simultaneously) on consumer buying interest (Y). And the result of the coefficient of determination as shown in table 29, that the value of R2 is 0.700, this means that it is 70%. can be explained by the variables of product quality, service quality and sales promotion, while 30% (100% - 70%) is influenced by other variables that are not studied.
Keywords: Product Quality, Service Quality, Sales Promotion, Consumer Purchase Interest
References
Alma, B. (2016). Pemasaran Jasa. Cetakan Kedua Belas. Bandung: Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Cristina Roshinta Sari. (2016). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Citra Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Perigon Fitness Studio Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
David. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kebijakan Harga Terhadap Minat Beli Pada Lampu Philips di Wilayah Taman Cibodas. Tangerang: Universitas Buddhi Dharma
Fadilah, Nur. (2012). Membuka Rahasia Rasulullah Dalam Berbisnis. Yogyakarta: Genius
Fandy Tjiptono. (2007). Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Ofset, Edisi Pertama,
Friyanto, Yudi. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada PT. Inoac Sinar Maju. Tangerang: Universitas Buddhi Dharma
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariani. (2013). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Bali Konsumen Menggunakan Gas LPG Di Universitas Malang
Harjati, Lily dan Yurike Venesia. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal WIDYA Ekonomika Volume 1 Nomor 1 Oktober 2015
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Global Edition. In England: Pearson Educationn Limited.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Edisi 18. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Subagio, Ahmad, (2010). Marketing In Busisness, edisi pertama. Jakarta: Mitra Wacana media.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Offset
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Media Wahana Ekonomika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the publisher of the journal licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License in line with the license, authors and any users (readers and other researchers) are allowed to share and adapt the material only for non-commercial purposes. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.