PEMANFAATAN MUSEUM TOUR VIRTUAL SEBAGAI SUMBER MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH DI ERA DIGITALISASI

Authors

  • Muhtarom Herdin Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Abduloh Arif Robin Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Abduloh Arif Robin Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Abduloh Arif Robin Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Andi Andi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Abduloh Arif Robin Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Andi Andi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Andi Andi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Andi Andi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.10715

Keywords:

Media Pembelajaran, Museum Tour Virtual, Sejarah.

Abstract

Salah satunya perubahan dalam digitalisasi yang dirasakan di abad 21, perubahan tersebut juga berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Terutama dalam mengelaborasikan media pembelajaran berbasiskan teknologi. Media pembelajaran memiliki peran penting untuk memberikan informasi terhadap siswa terkait materi yang akan disampaikan oleh guru. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu paradigma peserta didik terhadap pembelajaran sejarah yang dianggap membosankan, hal tersebut menjadi problematika dalam penelitian ini untuk dapat menghilangkan paradigma pembelajaran sejarah yang membosankan melalui pengembangan media pembelajaran sejarah berbasiskan media teknologi di abad 21. Ada pun metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan museum tour virtual sebagai sumber media pembelajaran sejarah publik di era digitalisasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran akan berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman siswa dan menggunakan media pembelajaran harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Salah satunya media pembelajaran abad 21 yang dapat digunakan yaitu museum tour virtual yang mengelaborasikan media teknologi dalam pendidikan.

Author Biographies

Muhtarom Herdin, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abduloh Arif Robin, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abduloh Arif Robin, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abduloh Arif Robin, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Andi Andi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abduloh Arif Robin, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Andi Andi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Andi Andi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Andi Andi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

References

Absor, N. F. (2020). Pembelajaran Sejarah Abad 21: Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Chronologia: Journal of History Education, 2(1), 30–35.

Achmad, W., Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Potret Generasi Milenial Pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 187. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26241

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. 2, 125–129. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977/2799

Gat, G. (2019). Digital Based Learning: Vlog Saluran Menuju Generasi Milenial Produktif. SNPMas: Seminar Nasional Pengabdian Pada …, 154–163. https://www.ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/snpmas/article/view/377

Herdin Muhtarom. (2021). Menelisik MENELISIK KEBUDAYAAN BANTEN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA VIRTUAL. Jurnal Budaya Nusantara, 4(2), 217–223. https://doi.org/10.36456/b.nusantara.vol4.no2.a3360

Matondang, A. (2019). DAMPAK MODERNISASI TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT Asnawati. Wahana Inovasi : Jurnal Pengabdian Dan Penelitian Masyarakat Uisu, 45(45), 95–98.

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 2(1), 1. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v2i1.11

Muhtarom, H., Kurniasih, D., & Andi. (2020). Pembelajaran sejarah yang aktif, kreatif dan inovatif melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Bihari: Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 3(1), 29–36.

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Sagita, M., & Khairunnisa. (2019). PEMANFAATAN E-LEARNING BAGI PARA PENDIDIK DI ERA DIGITAL 4.0 UTILIZATION OF E-LEARNING FOR EDUCATORS IN GIGITAL ERA 4.0. Jurnal Sosial Humaniora, 2(2), 1–7.

Sapriya, M. (2018). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. In Book. PT Remaja Rosdakarya.

Sinambela, M. B. W., Soepriyanto, Y., & Adi, E. P. (2018). Taman Peninggalan Sejarah Berbasis Virtual Reality. Jktp, 1(1), 7–12. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/download/2816/2176

Valenda, R., & Muhtarom, H. (2022). Perspektif Generasi Milenial terhadap Efektivitas Pembelajaran Sejarah di Era Pandemi Covid-19 Millennial Generation ’ s Perspective on the Effectiveness of History Learning in the Era of the Covid-19 Pandemic. 3(3).

Wibowo Hadi, T. U. S., Maryuni, Y., Nurhasanah, A., & Willdianti, D. (2020). PEMANFAATAN VIRTUAL TOUR MUSEUM (VTM) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI MASA PANDEMI COVID-19o Title. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 402–408.

Downloads

Published

2022-12-11