ANALISIS SUMBER PEMBELAJARAN LOKAL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.10716Keywords:
Sumber Belajar IPS, Muatan Lokal.Abstract
Pembelajaran lokal saat ini sangat mendukung proses pembelajaran hal ini terbukti bahwa pembelajaran lokal mampu meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran dan mempermudah guru dalam proses pembelajaran khususnya pada pelajaran IPS kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Kurikulum (KI, KD, dan Tujuan Pembelajaran) di SD Islam Al-Alifah Jakabaring yaitu Kurikulum 2013. Penerapan pembelajaran lokal pada materi IPS di SD Islam Al-Alifah khususnya pada materi IPS Kelas IV sudah menerapakan pembelajaran lokal dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu discovery Inquiri. Perkembangan karakteristik siswa sesuai dengan lingkungan karakteristik yang dimiliki siswa cenderung bersifat positif, selain itu di SD Islam mempunyai 7 kata ajaib anak Al-Alifah yaitu (Maaf, Permisi, Tolong, Bolehkah, Silahkan, Terima Kasih dan Alhamdulilah) yang diterapkan kepada siswa. Potensi sumber belajar dari lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran lokal. Lingkungan di SD Islam Al-Alifah sudah mendukung proses pembelajaran baik fasilitas maupun media yang disediakan untuk menunjang proses pembelajaran.
References
Aisyah, S., Evih, N & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka. 2(1): 62-65.
Aldi,S, Rifdah, F & Putri I, L. (2020). Analisis Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar di SDN Kp. Bulak III Pamulang. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 4, Nomor 1, Maret 2020; 95-109
Dini, P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar vol. 2, no. 1, 2018 STAIN Curup – Bengkulu| p ISSN 2580-362X; e ISSN 2580-3611
Erviana, L. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sebagai Sarana Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di SMP-IT Ar Rahmah Pacitan. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 7(2), 71–77.
Fathurrahman, Rizky O, P. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Mendukung Proses Belajar Siswa di SDN Puter 1 Kembangbahu Lamongan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 8 No. 1 p-ISSN: 2503-1228; e-ISSN: 2621-4172
Gunawan, R. (2016). Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep dan Aplikasi (3rd ed.). Alfabeta.
Hanif, M. (2016). Kesenian Dongkrek (Studi Nilai Budaya dan Potensinya Sebagai Sumber Pendidikan Karakter). Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 1(2), 132–141.
Larasati, D. (2019). Dampak Pembangunan Srambang Park Ngawi Terhadap Kehidupan Ekonomi Masyarakat dan Potensinya Sebagai Sumber Materi Pembelajaran IPS SD. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 4(1), 13.
Lenni, S , Sri, U & Su`ad. (2018). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Tema Pahlawanku Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan ISSN 2615-5443 Vol. 1 No. 2, Agustus 2018 Hal. 83-90.
Lieung, W. K. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Karlina. Musamus. Journal of Primary Education, 1(2), 73–82.
Muhammad I, Eva, D.C & Riki, A. S. (2019). Akulturasi Budaya Hindu-Budha dan Islam Dalam Sejarah Kebudayaan Palembang. Jurnal Kalpataru, Volume 5, Nomor 2, (103-111)
Munawati, Muhammad I. (2018). “Sebaran Rumah Batu di Desa Tegur Wangi Kota Pagaralam Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarahâ€. Jurnal Kalpataru. Volume 4, Nomor 1.
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854–2860.
Pane, N. A., Nyeneng, & Distrik. (2020). The Effect Of Predict Observe Explain Learning Model Against Science Process Skills Of Hight School Students. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 11(1), 111–119.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Diva Press.
Riki, A.S, Muhammad, I & Ida, S. (2020) Sejarah dan Budaya Palembang Barat Sebagai Sumber Buku Saku Sejarah. Jurnal Kalpataru, Volume 6, Nomor 1, (6-17).
Rizki, D.B, Muhammad, I & Dina, S.N. (2020). Sejarah dan Makna Simbolik Ornamen Lakuer Palembang Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Jurnal Kalpataru, Volume 6, Nomor 1, (1-5)
Ruslan, S. (2019). Rekonstruksi Rumah Majapahit di Desa Bejijong Sebagai Sarana Edukasi Pendidikan IPS. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 4(1), 56.
Rusman. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Studi Tentang Best Practice yang Dilakukan Guru Sekolah Dasar Dalam Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Penilaian Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dasar Islam Volume 10, Nomor 02, Desember 2018; P-ISSN: 2085-0034, E-ISSN: 2549-3388
Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Dalam Memilih Media. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42–57.
Sapriya, 2017. Pengajaran IPS, Konsep dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sujarwo, F, Santi, T (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Masyarakat.Http://Staffnew.Uny.Ac.Id/Upload/198703282014042002/Pendidikan/1.%20pengelolaan%20sumber%20belajar%20masyarkat.Pdf.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (1st ed.). Prenadamedia Group.
Toti, HS. (2016). Model Pembelajaran Interaktif dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 7 Metro Pusat dalam Pembelajaran IPS Tentang Lingkungan Alam dan Buatan Semester I Tahun Ajaran 2012/2013. Vol.1, No.1, Juni 2016 ISSN: 2527-4449.
Tumini, T. (2019). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar dengan Multimedia pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 4(2), 93. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i2.5556
Turmiati, Muhammad I, & Ahmad Zamhari. (2020). Peninggalan Cagar Budaya di Seberang Ulu I Sebagai Sumber Penulisan Buku Saku Sejarah Palembang. Jurnal Kalpataru, Volume 6, Nomor 1, (53-62)
Warliah, W., Listianti, F., Hasanah, Tutik, I., & Maimuna, U. (2018). Penggembangan Media Pembelajaran Berbasis Wudya Wisata. Duta Media Publishing.
Wahyudi, H, Muhammad I, & Eva D, C. (2020). Jurnal Kalpataru, Volume 6, Nomor 1, (63-74)
Widodo, A., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Analisis Nilai-Nilai Kecakapan Abad 21 dalam Buku Siswa SD/MI Kelas V Sub Tema 1 Manusia dan Lingkungan. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 125.
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.40
Downloads
Published
Issue
Section
License
Kalpataru, Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/Kalpa/ berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .