PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SEJARAH LAHIRNYA PANCASILA SISWA KELAS V SD

Authors

  • Hikmah Ayu Lastari FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Destiniar Destiniar , FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Destiniar Destiniar , FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Destiniar Destiniar , FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Susanti Faipri Salegi FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Destiniar Destiniar , FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Susanti Faipri Salegi FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Destiniar Destiniar , FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Susanti Faipri Salegi FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Susanti Faipri Salegi FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Susanti Faipri Salegi FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.10717

Keywords:

Pengembangan, E-flashcard, Bercerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran e-flashcard yang memenuhi kriteria valid, praktis dan memiliki efek potensial sehingga siswa mampu menguasai keterampilan bercerita materi sejarah lahirnya Pancasila dengan mudah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D (Define, Design, Development and Dissemination). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 10 Banyuasin 1. Data penelitian ini diperoleh dari angket validasi, angket respon siswa dan guru serta tes unjuk kerja keterampilan bercerita siswa. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi dari tim ahli yang menilai kualitas tampilan media dan penyajian materi secara keseluruhan memperoleh skor presentase 94,6% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan. Angket kepraktisan keseluruhan siswa memperoleh skor presentase 93,3% dengan kategori sangat praktis dan angket kepraktisan keseluruhan guru memperoleh skor presentase 87,17% dengan kategori sangat praktis. Hasil efek potensial keseluruhan siswa memperoleh skor 79,37 yang diperoleh dari tes unjuk kerja keterampilan bercerita siswa materi sejarah lahirnya Pancasila dengan kategori baik. Berdasarkan hasil yang telah dikembangkan oleh peneliti yang berjudul pengembangan media pembelajaran e-flashcard terhadap keterampilan bercerita sejarah lahirnya Pancasila siswa kelas V SD disimpulkan bahwa e-flashcard yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan memiliki efek potensial.

Author Biographies

Hikmah Ayu Lastari, FKIP Universitas PGRI Palembang

FKIP Universitas PGRI Palembang

Destiniar Destiniar, , FKIP Universitas PGRI Palembang

, FKIP Universitas PGRI Palembang

Destiniar Destiniar, , FKIP Universitas PGRI Palembang

, FKIP Universitas PGRI Palembang

Destiniar Destiniar, , FKIP Universitas PGRI Palembang

, FKIP Universitas PGRI Palembang

Susanti Faipri Salegi, FKIP Universitas PGRI Palembang

FKIP Universitas PGRI Palembang

Destiniar Destiniar, , FKIP Universitas PGRI Palembang

, FKIP Universitas PGRI Palembang

Susanti Faipri Salegi, FKIP Universitas PGRI Palembang

FKIP Universitas PGRI Palembang

Destiniar Destiniar, , FKIP Universitas PGRI Palembang

, FKIP Universitas PGRI Palembang

Susanti Faipri Salegi, FKIP Universitas PGRI Palembang

FKIP Universitas PGRI Palembang

Susanti Faipri Salegi, FKIP Universitas PGRI Palembang

FKIP Universitas PGRI Palembang

Susanti Faipri Salegi, FKIP Universitas PGRI Palembang

FKIP Universitas PGRI Palembang

References

Alvita., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan Flashcard Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu , 5 (6), 5712-5721.

Armandita, P., & dkk. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika di Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan , 10 (2), 129-135.

Anggreani, C., & Satrio, A. (2021). Pengembangan Flashcard Berbasis Augmented Reality untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan , 3 (6), 5126-5135.

Batu, R. P., Ardana, I. K., & Tirtayani, L. A. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi Melalui Media E-flashcard Bilingual Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak. E-Journal PAUD , 5 (3), 368-377.

Katoningsih, S. (2021). Keterampilan Bercerita. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembanga Media Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.

Putri, F. P., & Setiawan, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media E-flashcard Terhadap Pengetahuan Siswa Mengenai Pencegahan Covid-19 Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Siliwangi , 2 (1), 153-159.

Qoyyimah, M., dkk. (2020). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Sekolah Dasar. Elementary School , 7 (2), 233-239.

Sipahutar, R. B. (2018). Peningkatan Keterampilan Bercerita Melalui Model Pembelajaran Mind Map. Jurnal Global Edukasi , 2 (1), 75-81.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : ALFABETA.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Utami, F., Rukiyah, & Andika, W. D. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Bintang Laut. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 5 (2), 1720-1722.

Wangi, I. D., & Agung, A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-flashcard Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha , 9 (1), 150-159.

Downloads

Published

2022-12-11