PENERAPAN MEDIA ULAR TANGGA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI KELAS V SD NEGERI 32 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.10718Keywords:
Media Pembelajaran, Pembelajaran IPS, Ular TanggaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media ular tangga pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 32 Palembang. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa penerapan media ular tangga pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 32 Palembang dapat diterapkan pada pembelajaran IPS materi persitiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan.
References
Ambarwati, S., & Rukmi, A. S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN di Kecamatan Prambon Sidoarjo. JPGSD, 06 Nomor 04, 474.
Dasopang, M. D., & Pane, A. (2017, Desember). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 03, 337.
Dora, A., & Idris, M. (2019, Juli). Pengambangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Sejarah Penyebaran Islam di Kecamatan Sirah Pulau Padang. Kalpataru (Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah), Vol 5, No 1, 45-53.
Hamid, M. A., Jamaludin, M. M., Juliana, M., Ramadhani, R., Safitri , M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. (T. Limbong, Penyunt.) Yayasan Kita Menulis.
Idris , M., Chairunisa, E. D., & Saputro, R. A. (2019, Desember). Akulturasi Budaya Hindu-Budha dan Iskam Dalam Sejarah Kebudayaan Palembang. Kalpataru, Volume 5, No 2, 103.
Muhamad, I., & Suryani, I. (2020, Juli). Sejarah dan Budaya Palembang Barat Sebagai Sumber Buku Saku Sejarah. Kalpataru, Volume 6, Nomor 1, 6.
Salu, B., & Tadius. (2019, Februari). Pengaruh Metode Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 1 Rantepao Kab. Toraja Utara. Jurnal KIP, VII, 37.
Suryani, I. (2015). Pengaruh Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu/Sejarah (Kronologi Proklamsi Kemerdekaan Indonesia) Kelas VIII di SMPN 48 Palembang). (hal. 1714). Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Suryani, I. (2016). Kain Tenun Songket Sebagai Media Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. (hal. 1084). Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Yuanta, F. (2019, Desember). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Soial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.1 No.2, 92.
Yuliani, W. (2018, May). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. QUANTA, 2 No 2, 83. doi:10.22460/q.v2i1p21-30.642
Downloads
Published
Issue
Section
License
Kalpataru, Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/Kalpa/ berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .