PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.10720Keywords:
Model Pembelajaran, Talking Stick, Pemahaman SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 1 Saptoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu one group pretest postets design. Dengan jumlah sampel yaitu seluruh kelas IV SD Negeri 1 Saptoharjo dengan jumlah 18 siswa, teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah sampling jenuh. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa 20 soal pilihan ganda. Selanjutnya data dianalisis menggunakan hipotesis uji-t berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rata-rata tes awal (pretest) 56,16 dengan kategori kurang dan rata-rata tes akhir (posttest) 82,27 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil uji-t ditemukan bahwa nilai > atau 1,793 >1,740. Dengan demikian disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak atau adanya pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 1 Saptoharjo.
References
Aridanu dan Kesumawati. (2018). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: Perpustakaan Nasional Indonesia.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astini, P. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 1-10.
Huda. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Kelas VI Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal PTK dan Pendidika, 1-10.
Huda, M. (2019). Model-Model Pengajaran Pegajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Neolaka, A. (2017). Landasan Pendidikan Dasar`Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.
Setiowati. (2020). Pembentukan Anak Pada Lagu Tokecang. Jurnal Universitas Surabaya, 1-5.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatuf, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_________. (2018). Metode Penelitian Pendidikan, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhada, I. (2017). Konsep Dasar IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sunaryo, W. (2012). Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berfikir. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Kalpataru, Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/Kalpa/ berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .