VIDEO DISTRIBUSI KERUPUK KEMPLANG BUDAYA KULINER KHAS KOTA PALEMBANG

Authors

  • Eliza Nazriani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Palembang
  • Muhamad Idris Universitas PGRI Palembang
  • Muhamad Idris Universitas PGRI Palembang
  • Kiky Aryaningrum Universitas PGRI Palembang
  • Kiky Aryaningrum Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.10721

Keywords:

Sumber Pembelajaran, IPS, dan Usaha-Usaha Ekonomi Masyarakat.

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hasil analisis video distribusi kerupuk kemplang sebagai sumber pembelajaran IPS kelas V SD tentang materi Usaha-Usaha Ekonomi Masyarakat. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini yaitu kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan data reduction, data display, serta conclusion drawing/verification. Penelitian ini menghasilkan bahwa analisis video distribusi kerupuk kemplang sebagai sumber pembelajaran IPS kelas V materi Usaha-Usaha Ekonomi Masyarakat di SD Negeri 240 Palembang dapat dikatakan layak digunakan, dari pembahasan hasil analisis data bahwa video distribusi kerupuk kemplang sebagai sumber pembelajaran IPS kelas V SD telah sesuai dengan materi, tujuan, dan kompetensi dasar yang diharapkan dalam pembelajaran IPS kelas V tema 8 subtema 3 pembelajaran 3 materi usaha-usaha ekonomi masyarakat.

Author Biographies

Eliza Nazriani, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Palembang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Palembang

Muhamad Idris, Universitas PGRI Palembang

Universitas PGRI Palembang

Muhamad Idris, Universitas PGRI Palembang

Universitas PGRI Palembang

Kiky Aryaningrum, Universitas PGRI Palembang

Universitas PGRI Palembang

Kiky Aryaningrum, Universitas PGRI Palembang

Universitas PGRI Palembang

References

Arifin, Z. (2014). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Astuti, F., dkk. (2021). Minat Siswa Terhadap Sejarah dan Budaya Palembang di SMA Negeri 15 Palembang. Kalpataru Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, Vol. 7(1), 77-82.

Astuti, F., dkk. (2021). Minat Siswa Terhadap Sejarah dan Budaya Palembang di SMAN 15 Palembang. Klaten: Lakeisha.

Farista, R., & Ali, I. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran. Pengembangan Video Pembelajaran, 1-6.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar, 96-102.

Hamira, dkk. (2019). Analisis Strategi Harga, Strategi Produk dan Keuntungan pada Industri Kerupuk Kemplang di Kota Palembang. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol 17(1), 8-15.

Hasanah, U. (2018). Media dan Sumber Belajar IPS Bagi Anak Usia SD/MI. Jurnal Ijtimaiya, Vol. 2(1), 162-185.

Irawan, A., & Idris, M. (2018). Seni Perhiasan dalam Kebudayaan Mataram Kuno Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah (Studi Ikonografi Relief Candi Borobudur). Kalpataru: Jurnal Sejarah & Pembelajaran Sejarah, Vol. 3(1), 11-24.

Novita, L., dkk. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Jurnal Of Primary Education, Vol. 3(2), 64-72.

Permana, P., dkk. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman IPS Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Ujung Tanjung. Wahana Didaktika, Vol. 18(3), 357-365.

Prabumbun, R. A., & Dalle, A. (2017). Problematika Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 11 Makassar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra Vol, Vol. 1(2), 88-94.

Salam, R. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran IPS. Harmony , Vol. 2(1), 7-12.

Samiha, Y. T. (2017). Desain Pembelajaran IPS MI Berbasis Humanistik untuk Membentuk Kepribadian Unggul Peserta Didik. Palembang: CV Amanah.

Sugiyono. (2019). Merode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhada, I. (2017). Konsep Dasar IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suratman, dkk. (2013). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Malang: Intimedia.

Susanti, M., dkk. (2021). Nilai Budaya Masjid Jami' Sungai Lumpur Kelurahan II Ulu Palembang Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Kalpataru: Jurnal Sejarah & Pembelajaran Sejarah, Vol. 7(1), 1-9.

Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran IPS. Satya Widya, Vol. 33, No. 1, 29-36.

Wijiningsih, N., dkk. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan, Vol. 2(8), 1030-1036.

Zahrulianingdyah, A. (2018). Kuliner Sebagai Pendukung Industri Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal. Teknobuga, Vol. 6(1), 1-9.

Downloads

Published

2023-01-11