PENCITRAAN BUDAYA POLITIK DALAM MOTIF TENUN SONGKET PALEMBANG ABAD KE-18-19 MASEHI

Authors

  • Annisa Putri Ramadhanti Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Muhamad Idris
  • Muhamad Idris
  • Ahmad Zamhari
  • Ahmad Zamhari

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.10724

Keywords:

Pencitraan Budaya Politik, Songket Palembang.

Abstract

Kain tenun songket adalah kain mewah yang aslinya memerlukan sejumlah emas asli untuk dijadikan benang emas, kemudian menjadi kain yang cantik. Kain songket merupakan kain tradisional buatan tangan berupa kain panjang dengan menggunakan benang emas, perak, dan sutra beraneka warna. Pada masyarakat Palembang zaman dahulu, kain songket hanya digunakan oleh para bangsawan dan keluarga ningrat. Kain tenun ini merupakan kerajinan hasil kreasi seni budaya yang harus dipertahankan kelestariannya. Pengaruh dari beberapa budaya yang ada ini dapat membuat suatu kesenian yang dinamakan dengan menenun dan hasil dari menenun ini dinamakan songket. Kain songket sendiri adalah kain ciri khas dari Kota Palembang yang di dalam motifnya menggambarkan makna-makna tersendiri dan berbeda, serta memiliki beberapa macam jenis motif kain songket Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencitraan budaya politik dalam tenun Songket Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dimulai dari dokumentasi, wawancara, dan observasi. hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pencitraan budaya politik yang tergambar dalam kain tenun songket ialah menggambarkan adanya pengaruh budaya asing yang ada di Kota Palembang untuk membuat keanekaragaman budaya baik dari segi motif hingga jenis kain yang ditenun dan benang emas yang digunakan.

Author Biography

Annisa Putri Ramadhanti, Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Palembang

Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Palembang

References

Akib, A. Chaliq Muchtar, Kemas M. Siddiq Umary. (1980). Sejarah Dan Kebudayaan Palembang 1 Rumah Adat Limas Palembang. Jakarta: Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah.

Hanafiah, D. (1995). Melayu-Jawa Citra Budaya dan Sejarah Palembang. Jakarta: Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Hidayat, Gunadi, Lazi Arlangga, Firda Yulianti. (2020). Pengelolaan Kain Tenun Songket Khas Palembang di Desa Pedu Kabupaten Jejawi Kecamatan Ogan Komering Ilir (OKI). SPEKTA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Teknologi dan Aplikasi Vol. 1, No. 1, Juni 2020, 23.

Jeki Sepriady, Muhamad Idris. (2018). Jejak Kesultanan Palembang Darussalam di Kabupaten Banyuasin. Jurnal Kalpataru, 57.

Kabib Sholeh, Dina Srinindiati, Aan Suriadi, Nur Ahyani, Ida Suryani, Ahmad Zamhari, Eva Dina Chairunisa, Muhamad Idris. (2019). Nilai-Nilai Situs Bersejarah di Sumatera Selatan Sebagai Penguat Karakter di SMK PGRI Lahat. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 02 No. 03, September-Desember 2019, 236.

Koentjaraningrat. (1987). Kebudayaan Palembang. Jakarta: Djambata.

Masyhuri. (1983). Perdagangan Lada dan Perubahan Sosial Ekonomi di Palembang. Jakarta: Fakultas Pascasarjana Bidang Studi Sejarah Indonesia Universitas Indonesia.

Munawati, Muhamad Idris. (2018). Sebaran Rumah Batu di Desa Tegur Wangi Kota Pagaralam sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Kalpataru, Volume 4, Nomor 1, Juli 2018 (10-16), 10.

Oktovianny, L. (2021). Kajian Etnolinguistik dan Leksikon Kain Tradisional Masyarakat Palembang. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS), 719.

Seno, Rois Leonard Arios. (2009). Makna Lambang pada Bangunan dan Lukisan Makam Raja-Raja Islam Palembang. Padang: BPSNT Padang Press.

Siska Devella, Yohannes, Firda Novia Rahmawati. (2020). Implementasi Random Forest untuk Klasifikasi Motif Songket Palembang Berdasarkan SIFT. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi Vol. 7, No. 2, Agustus 2020, 311.

Widia Ningsih, Masyhur, Padila. (2021). Ragam Hias Motif Songket pada Ornamen Makam Kawah Tengkurep. Repository UIN Raden Fatah Palembang, 110.

Zamhari, A. (2017). Nilai Keselarasan pada Pola Tata Ruang Desa Pelang Kenidai Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Kronik: Journal of History Education and Historiography, 2.

Downloads

Published

2023-01-11