PENYUSUNAN MODUL ASESMEN PEMBELAJARAN SEJARAH: PEMBELAJARAN PARADIGMA BARU
DOI:
https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.10725Keywords:
Modul, Asesmen Pembelajaran Sejarah, Pembelajaran Paradigma BaruAbstract
Salah satu karakteristik utama dalam pembelajaran paradigma baru kurikulum merdeka belajar ini adalah mengacu pada pembelajaran yang terpusat pada siswa. Pada pembelaran paradigma baru ini, asesmen merupakan bagian yang terintegrasi pada pembelajaran. Asesmen dilakukan berdasarkan azas, assessment as learning (asesmen sebagai pembelajaran), assessment for learning (asesmen untuk pembelajaran) dan assessment of learning (asesmen untuk pembelajaran). Asesmen dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dijabarkan dalam Profil Pelajar Pancasila yang terdiri dari 6 dimensi yaitu, Bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, Berkebhinekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif. Penyusunan modul ini disusun sebagai salah satu bahan ajar untuk mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Sejarah di Universitas PGRI Palembang, Program Studi Pendidikan Sejarah. Terdiri dari bab empat bab utama yaitu; 1) Pembelajaran Paradigma Baru; 2) Karakteristik Pembelajaran Sejarah; 3) Merancang Modul ajar dan asesmen kurikulum paradigma baru; 4) Merencanakan dan menyusun instrument asesmen; 5) Guru Inovatif: Aplikasi alternative Tes Online. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan yang terdiri dari 5 tahapan penelitian yaitu Need assessment yang dilakukan dengan wawancara pada guru dan mahasiswa pendidikan sejarah, literature review, untuk mencari referensi, Develop Preminary Form of Product, preminary field test serta revisi untuk menghasilkan prototype modul asesmen pembelajaran sejarah.
References
Aman. (2007). Kesadaran Sejarah dalam Pendidikan Sejarah. Diakses pada 12 Oktober 2022. Diakses dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/132303695/penelitian/B-4.JURNAL.pdf
Ardillah, N. (2020). “Efektivitas Media Pembelajaran My Classroom Creation Wall dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didikâ€. Jurnal Pena Karakter. 3(1): 1-23. https://doi .org/10.31004/basicedu.v6i1.2030.
Chairunisa, E.D. (2017). “Penyusunan Modul Evaluasi Pembelajaran Seajrah Berbasis Authentic Assessment Portofolioâ€. Jurnal Candrasangkala. 3(1). 20-29.
Chairunisa, E.D. (2022). “Pengembangan E-Modul Strategi Pembelajaran Sejarah dalam Upaya Peningkatan Literasi Digital Mahasiswa. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah. 11(1). 84-96.
Dirto. (2021). Modul dan Buku Cetak, Apa Perbedaannya? Diakses pada 23 Oktober 2022. Diakses dari https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/71/modul-dan-buku-cetak-apaperbedaannya#.
Mulyana, Agus. (2009). Mengembangkan Keterampilan Penelitian dalam Pembelajaran Sejarah. Diakses pada 23 Oktober 2022. Diakses dari http://sejarah.upi.edu/artikel/dosen/ mengembangkan-keterampilan-penelitian-dalam-pembelajaran-sejarah/
Mulyana, Aina. 2020. Penelitian Pengembangan (Research and Development) Pengertian, Tujuan dan Langkah-Langkah R&D. diakses pada 24 Oktober 2022. Diakses dari https://ainamulyana.blogspot.com/2016/04/penelitian-pengembangan-research-and.html
Tim Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbudristekdikti. (2021). “Panduan Pembelajaran dan Asesmen, Jenjang Pendidikan Dasar dan Menegah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA)â€. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbudristekdikti Republik Indonesia, Jakarta.
Tim Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbudristekdikti. (2021). “Pembelajaran Paradigma Baruâ€. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud Ristekdikti Republik Indonesia, Jakarta.
Widiadi, A.N, dkk. (2022). “Merdeka Berpikir Sejarah: Alternatif Strategi Implementasi Keterampilan Berpikir Sejarah dalam Penerapan Kurikulum Merdekaâ€. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya dan Pengajarannya. 16 (1), 235-247. Diakses pada 23 Oktober 2022 dari Jurnal Universitas Malang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Kalpataru, Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/Kalpa/ berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .