Nilai-Nilai Pelayaran di Sungai Musi dalam Pembelajaran Sejarah Lokal
DOI:
https://doi.org/10.31851/kalp.v9i1.12833Abstract
Pelayaran di Sungai Musi Palembang merupakan aktivitas yang dilakukan dari Hulu ke Hilir atau sebaliknya. Tujuan penelitian ini mengetahui nilai-nilai pelayaran di Sungai Musi sebagai pembelajaran sejarah lokal di SMA/MA Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data obseervasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian yang ditemukan terdapat nilai-nilai pelayaran di Sungai Musi Palembang melalui sistem mata pencaharian yaitu nilai persahabatan, berpetualang, pengetahuan, keterampilan, ekonomi, keberanian, bertanggung jawab, kesetiaan, sosial, kerjasama, kepercayaan, kejujuran, keterbukaan dan kerja keras. Nilai-nilai pelayaran kemudian dikembangkan ke dalam pembelajaran sejarah dalam bentuk kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran. Dengan demikian kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran sejarah menanamkan nilai-nilai pengetahuan, sikap dan keterampilan dari peristiwa masa lalu yang digambarkan ke dalam masa kini.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Kalpataru, Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/Kalpa/ berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .