Nilai-Nilai Pelayaran di Sungai Musi dalam Pembelajaran Sejarah Lokal

Authors

  • Nur Syafarudin FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Sukardi Sukardi FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Muhamad Idris FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalp.v9i1.12833

Abstract

Pelayaran di Sungai Musi Palembang merupakan aktivitas yang dilakukan dari Hulu ke Hilir atau sebaliknya. Tujuan penelitian ini mengetahui nilai-nilai pelayaran di Sungai Musi sebagai pembelajaran sejarah lokal di SMA/MA Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data obseervasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian yang ditemukan terdapat nilai-nilai pelayaran di Sungai Musi Palembang melalui sistem mata pencaharian yaitu nilai persahabatan, berpetualang, pengetahuan, keterampilan, ekonomi, keberanian, bertanggung jawab, kesetiaan, sosial, kerjasama, kepercayaan, kejujuran, keterbukaan dan kerja keras. Nilai-nilai pelayaran kemudian dikembangkan ke dalam pembelajaran sejarah dalam bentuk kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran. Dengan demikian kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran sejarah menanamkan nilai-nilai pengetahuan, sikap dan keterampilan dari peristiwa masa lalu yang digambarkan ke dalam masa kini.

Author Biographies

Nur Syafarudin, FKIP Universitas PGRI Palembang

Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Palembang

Sukardi Sukardi, FKIP Universitas PGRI Palembang

Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Palembang

Muhamad Idris, FKIP Universitas PGRI Palembang

Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Palembang

Downloads

Published

2023-07-08