BUYA HAMKA SEBAGAI AGEN PERUBAHAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31851/kalp.v9i1.12838Abstract
Buya Hamka merupakan tokoh yang berpengaruh besar dalam pendidikan Islam modern di Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan Buya Hamka sebagai agen perubahan perkembangan pendidikan Islam modern di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan fenomena berkecambahnya sekolah-sekolah Islam modern di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan biografi dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka/library research. Adapun teknik pengumpulan datanya ialah menggunakan dokumentasi dengan sumber primer yaitu buku yang ditulis oleh Buya Hamka sendiri dan buku, jurnal, artikel yang ditulis oleh orang lain. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa Buya Hamka melalui Sekolah Islam Al Azhar berhasil menjadi titik awal kemajuan sekolah Islam modern di Indonesia hingga menyebabkan berkecambahnya sekolah-sekolah Islam modern di Indonesia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Kalpataru, Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/Kalpa/ berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .